Ternyata Ini Macam-Macam Vaksin Orang Dewasa

oleh -

NUSANTARAPOS,- Vaksinasi adalah sebuah cara mendapatkan daya tahan tubuh yang kuat terhadap satu atau dua buah bibit penyakit. Vaksinasi berguna untuk membangkitkan atau mendorong sistem imun tubuh manusia untuk dapat melawan virus yang akan masuk dalam tubuh.

Umumnya, pemberian vaksin yang diketahui banyak orang hanyalah untuk bayi dan anak-anak. Padahal vaksin dibutuhkan untuk semua orang. Karena virus dan kuman mengalami mutasi maka kekebalan tubuh pun harus diperbaharui. Itulah mengapa orang dewasa pun tetap membutuhkan vaksin.

Ada beberapa jenis vaksin yang bisa diberikan pada orang dewasa agar tetap sehat dan dapat menangkal virus yang bisa saja dapat menyerang tubuh manusia. Apa saja beberapa jenis vaksin tersebut?

  1. Vaksin HPV

Vaksin sangat dianjurkan untuk wanita sebelum melakukan aktivitas seksual. Vaksin berguna untuk mencegah perkembangan human papiloma virus yang dapat menyebabkan kanker rahim. Penularan virus ini melalui kontak seksual dengan yang mengandung virus.

Agar efektif, perlu diberikan penyuntikan vaksin sebanyak tiga kali. Suntikan pertama dapat diberikan pada wanita mulai umur 11 atau 12 tahun. Suntikan kedua diberikan setelah 1 hingga 2 bulan dari suntikan pertama dan suntikan ketiga 6 bulan dari suntikan pertama.

  1. Vaksin influenza

Penyakit influenza yang disebabkan oleh virus hemofilus influenza sering sekali menyerang. Gejala yang batuk pilek dan demam. Virus ini mudah sekali menular, untuk mencegah tertular sebaiknya anda melakukan vaksinasi dan menjaga daya tahan tubuh.

Vaksin influenza diberikan dalam satu kali suntikan dan dapat bertahan hingga dua tahun. Setelah lewat waktu yang ditentukan anda harus melakukan suntikan ulang. Vaksin ini juga tersedia pada Vaksin medan.

  1. Vaksin Hepatitis

Hepatitis masih menjadi penyakit yang sering ditemukan. Penularannya yang mudah membuat penyakit ini mudah berkembang. Oleh sebab itu pencegahan dengan vaksinasi sangat dianjurkan.

Ada beberapa jenis vaksin hepatitis yang penting untuk anda dapatkan, seperti vaksin hepatitis A dan vaksin hepatitis B. Vaksin ini harus diulang kembali setelah 10 tahun. Agar tubuh tetap sehat.

  1. Vaksin Cacar Air

Cacar air menjadi penyakit yang sangat menular dan masih banyak ditemukan.  Gejalanya berupa demam dengan kulit terdapat bulatan kecil berisi air. Bulatan ini mudah pecah dan sebagai sumber penularan.

Vaksin yang berisi virus hidup yang dilemahkan harus dibuktikan dua kali dengan jarak antar suntikan 4 hingga 8 minggu. Vaksinasi ini harus diulang kembali setelah 20 tahun. Cukup lama waktu yang dibutuhkan untuk suntikan ulang.

  1. Vaksin MMR

Vaksin ini bertujuan untuk mencegah penyakit campak, gendong serta rubella. Pemberian vaksin ini dilakukan dalam dua kali suntikan. Antara suntikan satu dan kedua berjarak 4 minggu, minimal.

Pemberian vaksin ulangan berikutnya setelah 10 tahun dari suntikan terakhir. Ini dapat mencegah tertular virus yang membahayakan terutama wanita yang sedang hamil karena dapat menyebabkan jahat pada janin, jika terinfeksi saat hamil.

Memang pemberian vaksin bagi orang dewasa sangat penting untuk dilakukan. Karena virus yang dapat melemahkan kesehatan kita akan terus bermutasi setiap saat, dan untuk itulah perlu pembaruan terhadap vaksin yang telah disuntikkan di tubuh Anda.

Bagi yang berdomisili di wilayah Sumatera Utara, khususnya adalah Medan, dapat mengetahui di mana saja rumah sakit atau klinik yang menyediakan vaksin dewasa di kota medan melalui aplikasi Halodoc. Pada aplikasi Halodoc ini, Anda tidak hanya bisa mencari vaksin medan, namun juga dapat mencari tentang informasi kesehatan, beli obat online, membuat janji dengan dokter, dan pelayanan kesehatan lainnya.

Mencegah sesuatu yang buruk terjadi lebih dianjurkan daripada mengobati. Untuk itu, melakukan vaksinasi saat tubuh sehat menjadi penting agar tubuh bisa memperkuat imun tubuh yang dibutuhkan.