Mengkonsumsi Buah dan Sayur Dapat Meningkatkan Imunitas Tubuh

oleh -

Jakarta, Nusantarapos – Pada situasi pandemi seperti ini, sangat penting bagi kita untuk menjaga tubuh dari luar maupun dari dalam. Selain menggunakan masker dan sering mencuci tangan, masih ada hal lain yang harus kita perhatikan untuk menjaga diri kita agar tetap terhindar dari virus covid-19 dan penyakit-penyakit lainnya, salah satunya adalah dengan menjaga imunitas tubuh.

Imunitas tubuh adalah bagian terpenting dari tubuh kita untuk melawan penyakit, dan banyak cara untuk meningkatkan imuitas tubuh, seperti olahraga, menghindari stress, tidur yang cukup, mengatur pola makan dan mengkonsumsi buah dan sayuran. Buah dan sayuran juga memiliki peran penting dalam meningkatkan imunitas tubuh.

Dilansir dari fruitsandveggies.org, bahwa para dokter dan ahli diet setuju dengan resep dari pola makan yang sehat adalah yang mencakup banyak buah-buahan dan sayur-sayuran karena akan memenuhi kebutuhan nutrisi utama dan menjaga sistem kekebalan tubuh. Berikut ini adalah peran penting dari buah dan sayuran :

1. Buah dan sayur dapat memenuhi nutrisi tubuh
Tubuh kita memerlukan nutrisi karena nutrisi dapat menjaga tubuh kita agar tidak terserang oleh penyakit. Tubuh kita dapat memproduksi nutrisi sendiri, tetapi itu belum tentu mencukupi. Maka dari itu, kita harus membantu tubuh kita agar memenuhi kebutuhan nutrisinya dengan konsumsi sayuran dan buahan. Nutrisi dibutuhkan oleh semua organisme, karena untuk menjaga sistem imun tumbuh, pertumbuhan, dan pemeliharaan kesehatan.

2. Penting nya serat yang terkandung dalam buah dan sayuran
Serat merupakan sumber nutrisi penting untuk tubuh yang didapat dari makanan. Buah dan sayuran merupakan tumbuhan yang memiliki banyak serat, dan serat yang terkandung pada buah dan sayuran adalah tipe karbohidrat polisakarida yang tergolong karbohidrat kompleks. Serat sangat penting untuk tubuh karena dapat memelihara kesehatan usus, mengendalikan gula darah, melancarkan pergerakan usus, menurunkan kolesterol, dan masih banyak manfaat lainnya.

3. Sayuran dan buah buahan menjadi sumber vitamin yang baik bagi tubuh
Sayuran dan buahan memiliki banyak kandungan vitamin dan mineral karena tubuh sangat membutuhkan mineral dan vitamin untuk menjaga kesehatan, dan yang memiliki banyak mineral dan vitamin adalah buah dan sayuran, seperti Vitamin A, Vitamin B, Vitamin C, dan Vitamin E yang sangat bagus untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Vitamin dan mineral juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh, dimana pada saat ini daya tahan tubuh sangat diperlukan karena menjadi salah satu pencegahan agar tidak terkena virus covid-19.

4. Buah dan sayur dapat menangkal radikal bebas
Radikal bebas adalah penyebab terjadinya berbagai macam penyakit dan infeksi. Untuk mecegah radikal bebas kita membutuhkan antioksidan di tubuh kita, karena antioksidan dapat melindungi sel sel tubuh kita dari efek buruk radikal bebas. Tubuh kita tidak dapat memproduksi antioksidan secara alami, oleh karena itu kita harus konsumsi makanan yang memiliki kandungan antioksidan yang tinggi setiap hari. Beberapa buah dan sayuran memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi, yaitu buah dan sayuran yang mengandung Vitamin C dan Vitamin E seperti apel, anggur, jeruk, brokoli, tomat, dan ubi merah.

5. Buah dan sayur dapat menjaga tubuh dari berbagai penyakit
Karena kandungannya yang begitu banyak, buah dan sayuran dapat menjaga tubuh kita agar tetap sehat. Buah dan sayuran memiliki semua kubutuhan yang tubuh kita butuhkan seperti serat, mineral, vitamin, antioksidan dan yang lainnya. Maka dari itu buah dan sayur sangat bagus untuk kita konsumsi setiap hari agar tubuh kita selalu sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit, virus, dan infeksi yang berbahaya.

Itulah beberapa manfaat yang dimiliki oleh sayuran dan buah. Manfaat nya yang sangat banyak dapat menjaga tubuh kita agar selalu sehat, dan jangan lupa untuk tetap seimbangi dengan makanan bergizi lainnya agar imunitas kita tetap terjaga.(Aufa Amalia)