Beradaptasi dengan Pola Hidup Sehat di Masa Pandemi

oleh -

Jakarta, Nusantarapos – Pada masa pandemi, tentunya kita mengalami adaptasi pada kebiasaan baru. Mulai dari menerapkan hidup sehat, pola makan yang baik, dan menjaga kebersihan. Selain itu kita juga diingatkan untuk melakukan pekerjaan, kuliah, atau kegiatan lain yang sebisa mungkin dilakukan dirumah atau biasa disebut dengan work from home.

Hal ini tentu tidak mudah bagi kita yang biasanya melakukan suatu kegiatan kebanyakan di luar rumah. Mungkin pada awalnya bekerja atau kuliah dirumah terasa menyenangkan karena kita tidak perlu jauh-jauh pergi ke suatu tempat, namun seiringnya waktu hal ini membuat kita merasa bosan.

Apalagi ditambah dengan banyaknya pekerjaan atau tugas yang harus diselesaikan, ini membuat kita semakin stress. Padahal pada masa pandemic ini kita dianjurkan agar tidak stress, karena itu dapat menurunkan imun tubuh kita. Lalu bagaimana cara menghindari stress? Untuk menghindari stress kita perlu menerapkan pola hidup sehat. Berikut beberapa tips pola hidup sehat.

1. Berjemur
Matahari memiliki manfaat yang baik bagi tubuh kita khususnya menjaga kesehatan tulang. Kita dapat melakukan berjemur dirumah dan tentunya alami dari sinar matahari. Durasi berjemur adalah 10 hingga 15 menit dan disarankan tidak lebih dari itu. Dilansir dari tricitymed, berjemur dibawah sinar matahari dapat meningkatkan serotonin dan membantu mencegah Seasonal Affective Disorder (SAD). Serotonin merupakan senyawa yang membuat kita bahagia. Maka dari itu rutinlah untuk berjemur agar tubuh kita selalu happy dan sehat.

2. Kelola Stress
Kita bisa mengelola stress dengan berbagai macam kegiatan seperti olahraga, menjalankan hobi, dan sebagainya. Hal ini penting kita lakukan karena stress dapat memicu berbagai penyakit. Melansir dari laman healthline, kita dianjurkan untuk mendengarkan musik. Pasalnya, memutar musik yang tenang memiliki efek positif pada otak dan tubuh, dapat menurunkan tekanan darah, dan mengurangi kortisol, hormon yang terkait dengan stres. Apalagi saat ini kita dengan mudahnya bisa mengakses apa saja di internet, jadi tidak sulit untuk mencari musik-musik yang membuat kita menjadi tenang.

3. Biasakan hidup bersih dan sehat
Kunci dari pola hidup sehat adalah membiasakan hidup bersih dan sehat. Bersih dalam artian kita diwajibkan untuk selalu mencuci tangan sebelum makan. Biasakan cuci tangan dengan menggunakan sabun agar terhindar kotoran dan virus-virus yang ada ditangan kita. Selain itu kita juga harus rutin mengonsumsi makanan yang sehat.

Pada laman foodincare, dengan mengonsumsi makanan yang sehat tentunya kita akan mendapatkan banyak manfaat, seperti tidur yang nyenyak, memiliki lebih banyak energi, dan tentunya tubuh kita menjadi lebih sehat. Dengan ini, kita mendapatkan semua nutrisi penting yang kita butuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan yang tepat. (Chintya Dasbhara K. Orwi)