Eka Hospital Catat Rekor Muri & Resmikan Pusat Layanan Diabetes Pertama di Indonesia

Tangerang Selatan, Nusantarapos – Eka Hospital berhasil mencatatkan Rekor Muri dengan kategori Rumah Sakit pertama yang melayani pemeriksaan rapid test dan gula darah gratis melalui metode drive thru selama satu bulan.

Kegiatan tersebut digelar serentak di 4 lokasi yaitu Eka Hospital BSD, Pekanbaru, Cibubur, dan Bekasi mulai tanggal 1 hingga 30 November 2020 dengan peserta sebanyak 11.231 orang.

Pemeriksaan gula darah yang dilakukan merupakan salah satu bentuk sosialisasi Eka Hospital terhadap kesehatan masyarakat Indonesia, khususnya penyakit diabetes. Momentum ini juga bertepatan dengan peringatan Hari Diabetes Sedunia yang jatuh pada tanggal 14 November 2020 lalu.

Seperti diketahui penyakit diabetes saat ini masih menjadi salah satu penyakit penyerta (komorbid) yang sering ditemukan pada pasien Covid-19 bahkan penyakit diabetes menjadi kasus tertinggi dalam angka kematian Covid-19. Di Indonesia sendiri diperkirakan terdapat 10,7 juta jiwa yang hidup dengan diabetes. Hal ini membuat Indonesia menempati posisi ke7 di dunia sebagai negara dengan penderita diabetes terbanyak. Angka tersebut belum ditambahkan dengan penderita pra-diabetes sebanyak 29,1 juta jiwa yang menempatkan Indonesia pada posisi ke-3 di dunia, sebagai negara dengan penderita pra-diabetes terbanyak. Ironisnya, baru sekitar 2% yang sudah terdiagnosis oleh dokter dan melakukan pengobatan.

“Bagi pasien diabetes, pemeriksaan gula darah saja tidak cukup. Kesehatan jantung, pembuluh darah, mata, ginjal, dan saraf juga harus diperhatikan karena jika tidak terkontrol akan menimbulkan komplikasi. Atas dasar itulah kami menghadirkan pusat layanan Diabetes Connection Care yang terdiri dari tim dokter multi-disiplin dan bekerjasama menangani diabetes secara komprehensif.”, ungkap Prof. DR. Dr. Sidartawan Soegondo selaku Chairman Diabetes Connection Care dalam keterangan Press Conference, yang digelar di Eka Hospital BSD – Tangerang Selatan, Selasa (1/12).

“Melalui kehadiran pusat layanan Diabetes Connection Care Eka Hospital menjadi Rumah Sakit swasta pertama yang memiliki pusat layanan terintegrasi untuk diabetes melitus dan berharap dapat membantu lebih banyak lagi pasien dengan masalah diabetes, mendapatkan penanganan dan tindakan secara komprehensif hingga melakukan perawatan secara berkala,” ungkap Erwin Suyanto, Head Marketing Corporate & Public Relation Eka Hospital. (Rilis)