Awal Vaksinasi Covid-19 di Malang, RSSA Dahulukan Tenaga Kesehatan

oleh -

MALANG, NUSANTARAPOS – Vaksinasi Covid-19 di Kota Malang akan mulai dilaksanakan hari ini, Jumat (29/1/2021). Rumah Sakit Umum dr. Saiful Anwar sebagai rumah sakit rujukan penanganan pandemi akan menjadi pelaksana. Pembukaan acara vaksinasi perdana ini dibuka langsung oleh Dr. dr. Kohar Hari Santoso, KIC KAP. selaku direktur RSSA.

Pada tahap awal, vaksinasi di RSSA akan diberikan kepada tenaga kesehatan (nakes) karena memiliki kemungkinan yang besar untuk kontak langsung dengan penderita Covid-19.

“Tenaga (kesehatan) yang ada di lingkungan (Rumah Sakit) Saiful Anwar ini sesuai data yang masuk ada 3.223 orang. Nanti akan bergerak kemungkinan, karena ada yang tidak memenuhi kriteria (penerima vaksin) dan sebagainya,” jelas Dr. dr. Kohar Hari Santoso, KIC KAP.

Menurut laporan, telah tersedia 3500 vaksin di RSSA. Vaksinasi terhadap nakes tersebut akan dilaksanakan selama lima hari ke depan.

Sebelumnya, pihak RSSA telah melakukan sosialisasi kepada nakes. Selain itu, juga telah dilakukan koordinasi antara RSSA dengan Dinas Kesehatan untuk proses pendataan penerima vaksin.

“Sebelumnya (telah) kita lakukan sosialisasi kepada para nakes. Ada beberapa event yang membahas (tentang) imunisasi ini. Kemudian (kami) melakukan koordinasi dengan Dinas Kesehatan, mendata seluruh nakes serta nonnakes yang ada, dari 4000 (orang) sekian, yang (sudah) terdata sekitar 3000-an (orang),” ujar Syaiful Asmi Ragani, Wakil Direktur Pelayanan Medik dan Perawatan. (Agyl Ramadhan)