MPI Millenial Berqurban di Lokasi Musibah Kebakaran Mangga Dua Selatan

oleh -
Ketua Umum MPI Millenial, Muhammad Umar Alatas bersama jajarannya menyerahkan 3 ekor kambing untuk korban kebakaran di Mangga Dua Selatan.

Jakarta, NUSANTARAPOS.CO.ID – Sebagai bentuk kepedulian kepada saudara-saudara yang terkena musibah kebakaran di Mangga Dua Selatan, Jakarta Pusat beberapa hari lalu. Melati Putih Indonesia Milenial (MPIM) pada hari raya Idhul Adha 1440 H ingin berbagi kepada mereka dengan melakukan penyembelihan dan pembagian hewan qurban kepada para korban kebakaran di lokasi tersebut.

Ketua Umum MPI Millenial Muhammad Umar Alatas mengatakan arti kata idul adha qurban ada dua makna. Pertama, arti qurban adalah dekat yang diambil dari bahasa Arab Qarib. Pandangan umum mengatakan bahwa qurban adalah upaya untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

“Kedua, arti qurban adalah udhhiyah atau bisa dikatakan dhahiyyah yang artinya adalah hewan sembelihan. Dari arti makna qurban ini, maka menjadi tradisi sebagaimana lazim dilakukan umat muslim di dunia untuk menyembelih hewan dengan cara qurban atau mengorbankan hewan yang menjadi sebagian hartanya untuk kegiatan sosial” kata Alatas di Jakarta, Minggu (11/8/2019).

Hewan qurban dari MPI Millenial sedang dipotong.

Lanjut Alatas, tradisi qurban dalam hari raya idul adha memiliki dua dimensi. Pertama, makna qurban memiliki dimensi ibadah-spiritual. Kedua, makna qurban punya dimensi sosial,”

“Atas dasar itu maka di hari raya qurban kali ini kami ingin berbagi kebahagiaan dengan saudara-saudara kita yang baru saja terkena musibah kebakaran di sini dan Semoga dengan kegiatan kami ini mereka bisa tersenyum pasca ditimpa musibah,” ujarnya.

Sebagai generasi millenial, tambah Alatas, MPI Milenial ingin mengajak para milenial lainnya ikut peduli dengan saudara-saudara kita yang nasibnya kurang beruntung. Kami ingin berkontribusi secara langsung dalam kegiatan-kegiatan keagamaan dan tentunya kami ingin berkontribusi pula untuk bangsa dan negara. Bagaimana pun juga sebaik-baiknya manusia adalah mereka yang bermanfaat untuk yang lainnya.

Ketua Umum MPI Millenial Muhammad Umar Alatas sedang berada di lokasi kebakaran Mangga Dua Selatan.

“Pada kegiatan hari ini kami memberikan hewan qurban berupa kambing sebanyak 3 ekor. Ini adalah sumbangsih dari kami generasi millenial,” tegas Alatas yang juga Notaris/PPAT muda tersebut.

Sejarah Qurban

Sejarah qurban idul adha dijelaskan secara singkat dan jelas dalam Al Quran surat As Shoffat ayat 102. Dalam QS AS Shoffat tersebut bisa diceritakan sejarah qurban adalah sebagai berikut. Saat Ismail berusia remaja, ayahnya Ibrahim memanggil Ismail (anak Ibrahim) untuk mendiskusikan sesuatu.

Ibrahim menceritakan kepada Ismail bahwa Ibrahim telah mendapatkan perintah dari Allah melalui mimpi untuk menyembelih Ismail. Dari sini, Ibrahim menanyakan kepada Ismail:”Bagaimana menurutmu, wahai Ismail?”

Usai berqurban MPI Millenial berfoto bersama Lurah Mangga Dua Selatan, Setyanto.

Lantas, Ismail menjawab:”Wahai ayah, laksanakan perintah Allah yang dimandatkan untukmu. Saya akan sabar dan ikhlas atas segala yang diperintahkan Allah,” ujar Ismail kepada ayahnya, Ibrahim. Dalam hal ini, Ibrahim mengkonfirmasikan mimpinya jangan-jangan mimpinya datang dari setan.

Ternyata tidak, Ibrahim mendapatkan perintah dari Allah sebanyak 3 (tiga) kali melalui mimpi. Setelah mendapatkan petunjuk dan yakin bahwa itu adalah perintah Allah, maka Ibrahim dengan ikhlas akan menyembelih puteranya sendiri, yaitu Ismail.

Setelah Ibrahim dan Ismail kedua-duanya ikhlas untuk menjalankan perintah Allah, ternyata Allah mengganti Ismail menjadi domba. Dari peristiwa ini, sudah mulai bisa diketahui arti, makna, dan hakikat idul adha qurban. Peristiwa ini kemudian dijadikan sebagai hari raya umat Islam selain hari raya idul fitri.(Hari.S)

Comment