Firza Husein Tak Miliki Akun Sosmed, Ada Orang Tak Bertanggungjawab Gunakan Namanya

oleh -
Aktivis perempuan Firza Husein.

Jakarta, NUSANTARAPOS.CO.ID – Aktivis perempuan Firza Husein membantah jika dirinya memiliki sosial media (sosmed) seperti Twitter, Instagram dan Facebook. Jika di dalam sosmed ada yang mengatasnamakan dirinya itu hanyalah digunakan oleh orang-orang yang tak bertanggungjawab.

Firza Husein mengatakan orang tersebut kemungkinan hanya ingin mencari keuntungan sesaat. Disinyalir orang tersebut mengambil manfaat dengan mencantumkan namanya untuk kepentingan tertentu.

Terlebih seperti akun Twitter @FirzaHusein maupun akun-akun lain yang menggunakan namanya tidak berasal dari pemikirannya.

Pernyataan tersebut sekaligus membantah pemberitaan sejumlah media yang telah membuat berita berdasarkan kutipan dari akun Twitter tersebut. Adapun media-media yang telah membuat berita berdasarkan cuitan akun tersebut antara lain Wartakota live.com, Tribunnews.com, dan indonews.id.

Dan setelah ditelusuri, ternyata akun tersebut adalah akun anonim yang menggunakan nama Firza Husein untuk kepentingan tertentu.

Firza Husein saat menjalankan ibadah umroh.

Untuk itu Firza Husein membuat tulisan klarifikasi sebagai berikut.

Saya atas nama Firza Husein, menyatakan bahwa:

1. Beredar pemberitaan di beberapa media (Warta Kota dan Tribun News Grup) serta indonews.id terkait pernyataan atas nama Firza Husein lewat akun media sosial Twitter @FirzaHusain, yang mengomentari pernyataan pengamat atas pernyataan Wakil Ketua DPR Fadli Zon dan mantan Menko Perekonomian Rizal Ramli. Disebutkan dalam cuitan akun @FirzaHusain: ‘Saya usul diisolasi aja pa”. Akun tersebut juga mengunggah beberapa kalimat terkait dengan pandemik Covid-19 dan situasi politik di negeri ini.

2. Saya tegaskan, bahwa akun tersebut bukanlah milik saya dan cuitan tersebut bukanlah buah dari pikiran saya.

3. Saya sendiri tidak memiliki dan menggunakan akun media sosial, baik di Twitter, Instagram dan Facebook.

4. Saya mengimbau agar media yang telah mengangkat pemberitaan atas nama saya tersebut untuk segera memuat klarifikasi dari saya.

5. Saya juga tidak pernah menyampaikan pandangan saya terkait pandemik Covid-19 maupun situasi politik terkini ke publik, baik itu lewat media pemberitaan maupun media sosial.

Sekian pernyataan dari saya. Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.

Untuk diketahui berita di beberapa media dikutip dari akun Twitter @FirzaHusain yang mengkritisi dua tokoh politik, yaitu Fadli Zon dan Rizal Ramli.

Akun twitter ini mencuitkan usulan agar Fadli Zon dan Rizal Ramli diisolasi terkait kasus Virus Corona di Indonesia.

Atas kesalahpahaman tersebut, wartakotalive.com pun mengucapkan permintaan maaf melalui sebuah pemberitaannya. Berikut adalah isi permintaan maaf tersebut redaksi Wartakotalive.com dengan ini menyampaikan permintaan maaf kepada Firza Husein atas ketidakjelasan dalam mengutip narasumber dan juga kepada para pihak yang disebut namanya dalam berita itu, seperti Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon dan ekonom Dr Rizal Ramli.

Semoga dengan kejadian ini media lebih jeli lagi dalam mencari sumber berita sebelum disiarkan kepada khalayak umum. Jangan hanya karena ada akun sosmed yang mengatasnamakan publik figur membuat status lalu langsung dikutip, pasti kebenaran dari akun tersebut agar tidak ada lagi pihak-pihak yang dirugikan.