Terkendala Dengan Covid-19, Diponegoro Fun Run 2020 Akan Berlangsung Secara Virtual

Wakili Ketua Panitia Acara Otty Hari Chandra Ubayani (memegang mic) didampingi Ketua Panitia Kresno Buntoro sedang memberikan keterangan pers terkait waktu pelaksanaan Diponegoro Virtual Fun Run 2020.

Jakarta,NUSANTARAPOS.CO.ID – Diponegoro Fun Run 2020 yang sejatinya akan dilakukan pada Sabtu (21/3/2020) mengalami penundaan yang disebabkan adanya pandemi Covid-19. Meskipun demikian panitia acara tetap mempunyai solusi agar kegiatan yang bermanfaat tersebut bisa dilaksanakan yakni dengan menggelar fun run secara virtual.

Demikian diungkapkan oleh panitia Diponegoro Fun Run 2020 ketika menggelar jumpa pers di kawasan Jakarta Selatan, Sabtu (15/8/2020).

Wakil Ketua Panitia Acara Otty Hari Chandra Ubayani mengatakan di tengah pandemi Covid-19 yang masih melanda Indonesia dan dunia, hal yang terbaik yang kita lakukan adalah menjaga kesehatan, rutin olahraga, dan tetap mematuhi protokol kesehatan yang telah diinstruksikan oleh pemerintah kita.

Usai menggelar jumpa pers Panitia Acara Diponegoro Virtual Fun Run 2020 berfoto bersama.

“Seperti yang kita ketahui bersama kegiatan Diponegoro Fun Run 2020 sedianya akan dilaksanakan pada hari Sabtu (21/8/2020), dengan terpaksa harus kita lakukan penundaan, sehubungan dengan pandemi Covid-19 yang mewabah di Indonesia. Sebelumnya kita rencanakan kegiatan Diponegoro Fun Run 2020 akan dilaksanakan secara luring/offline pada bulan September 2020, dengan asumsi pandemi Covid-19 pada bulan September 2020 sudah menurun dan bahkan berakhir.

“Namun ternyata kita masih diuji dengan pandemi Covid-19 yang masih terus berlangsung serta risiko penularan yang masih tinggi. Oleh karena itu, kami, panitia Diponegoro Fun Run 2020 memutuskan untuk mengalihkan kegiatan Diponegoro Fun Run 2020 menjadi Diponegoro Virtual Fun Run 2020,” katanya usai jumpa pers.

Sesi tanya jawab antara panitia acara Diponegoro Virtual Fun Run 2020 dengan awak media.

Menurut Otty kegiatan Diponegoro Virtual Fun Run 2020 adalah adopsi dari tren cara baru melaksanakan fun run di tengah masa pandemi Covid-19, di mana kita belum diperbolehkan berkerumun dan berkumpul di suatu tempat dalam keadaan ramai. Virtual Run yang dimaksud adalah peserta melaksanakan lari sendiri-sendiri, tentunya sesuai dengan jarak yang telah didaftarkan (2,5 kilometer atau 5 kilometer).

“Kemudian, peserta merekam hasil kegiatan lari pada aplikasi perekam lari, dan mengirimkan hasil rekaman serta foto kepada panitia. Peserta yang sudah mengirimkan foto dan hasil rekaman lari kepada panitia, akan memperoleh e-certificate,” jelas Ketua Umum Ika Not Undip tersebut.

Foto bersama Panitia Acara Diponegoro Virtual Fun Run 2020.

Di kesempatan itu Otty yang juga Ketua Yayasan Komunitas Cendekiawan Hukum India (YKCHI) menjelaskan timeline Diponegoro Virtual Fun Run 2020, di antaranya adalah sebagai berikut :

1. Racepack yang berisi kaos, medali, BIB, buku panduan, dan beberapa produk sponsor akan kami bagikan pada minggu pertama dan kedua September 2020 di Semarang dan Jakarta (rincian tanggal, waktu, dan tempat pengambilan racepack akan kami informasikan kemudian). Untuk pendaftar yang berasal dari luar kota Jakarta dan Semarang, racepack akan dikirim melalui jasa ekspedisi.

2. Periode lari akan dilaksanakan pada tanggal 3 – 18 Oktober 2020. Peserta wajib men-submit hasil rekaman lari dan foto kepada panitia, juga di tanggal tersebut. Mengenai ke mana peserta harus melakukan submit, akan diinformasikan kemudian.

3. Pembukaan Diponegoro Virtual Fun Run 2020 akan dilaksanakan pada hari Sabtu, 3 Oktober 2020, secara virtual melalui aplikasi Zoom Meeting. Link Zoom Meeting akan disampaikan kepada peserta kemudian. Acara pembukaan juga akan dimeriahkan oleh band D’Masiv.

Panitia Acara Diponegoro Virtual Fun Run 2020 mengajak masyarakat untuk tetap semangat.

Acara tersebut disponsori oleh Hutama Karya, Bank BRI, Bank Jateng, Hotel Ciputra Semarang, Swiss-Bell International, Jamkrida Jateng, WIKA Realty, Pertamina, Frui, Taman Sari, Polytron, Hotel Dafam, Tolak Linu, Cafino dan Club.

Kegiatan ini juga didukung oleh Universitas Diponegoro, FH Undip, Ikatan Alumni Universitas Diponegoro (IKA Undip), Ikatan Notariat (Ikanot) Undip serta para sponsor, “ pungkasnya.