PPM DKI Jakarta Peringati Hari Pahlawan Dengan Melakukan Upacara dan Tabur Bunga di TMP Kalibata

oleh -
Ketua Mada PPM DKI Jakarta M. Taufik didampingi Sekretaris PD PPM DKI Jakarta Zondra sedang melakukan upacara penghormatan di monumen Taman Makam Pahlawan.

Jakarta,NUSANTARAPOS.CO.ID – Markas Daerah Pemuda Panca Marga (PD PPM) DKI Jakarta menutup rangkaian kegiatan hari pahlawan nasional dengan melakukan upacara dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, Senin (16/11/2020).

Sebagai anak dan cucu veteran PPM sangat bersemangat melakukan kegiatan tersebut, karena sudah sejak pagi sekali mereka berkumpul di TMP. Semangat mereka seperti halnya para veteran yang dengan gigih memperjuangkan kemerdekaan bangsa Indonesia.

Ketua Mada PPM DKI Jakarta M. Taufik sedang melakukan tabur bunga di makam BJ. Habibie yang merupakan Presiden RI ketiga.

Di bawah komando M. Taufik, PPM DKI Jakarta langsung melakukan kegiatan-kegiatan positif khususnya saat pandemi covid-19 ini. Mereka melakukan kegiatan bakti sosial seperti penyemprotan disinfektan, pembagian sembako dan donor darah.

“Kegiatan kami saat ini adalah sebagai sebuah penghormatan dan penghargaan bagi para pahlawan yang sudah berjasa bagi bangsa Indonesia. Terlebih kami ini adalah anak dan cucu daripada veteran, jadi kami sangat mengapresiasi jasa-jasa beliau,” ujar Ketua Mada PPM DKI Jakarta M. Taufik usai kegiatan.

Taufik mengatakan kita juga diamanatkan untuk tetap melanjutkan perjuangan beliau yakni dengan cara mengisi kemerdekaan ini dengan hal-hal yang positif sehingga bermanfaat bagi bangsa dan negara.

Didampingi Sekjen PPM dan Sekretaris PD PPM, M. Taufik sedang menulis sebuah surat kunjungan atas terlaksananya kegiatan. 

“Salah satu kegiatan yang bermanfaat adalah memiliki fungsi sosial dimana kami ikut berperan aktif memerangi pandemi covid-19 ini dengan melakukan penyemprotan disinfektan di komplek-komplek militer maupun pemukiman warga,” katanya.

Selain itu, lanjut Taufik, kami juga membagikan sembako kepada warga yang tidak mampu dan mengalami dampak akibat pandemi ini. Kegiatan tersebut sudah beberapa kali kami lakukan, dan sebelum ini kami juga melakukan aksi donor darah di PMI Jakarta Utara.

“Kami berharap kegiatan upacara dan tabur bunga di makam pahlawan ini bukan hanya dilakukan di Jakarta, tetapi PPM daerah lainnya juga bisa mengadakan hal yang serupa secara mandiri. Karena memang selama ini kami selalu bergabung dengan instansi pemerintah dalam melaksanakan upacara seperti ini,” ucapnya.

Usai melakukan upacara dan tabur bunga, seluruh jajaran PPM berfoto bersama di depan pintu masuk Taman Makam Pahlawan, Kalibata.

Taufik berharap ke depannya kegiatan saat ini bisa menjadi contoh bagi PPM di daerah-daerah lain. Jadi Jakarta sebagai barometer bagi daerah lain untuk melakukan kegiatan serupa secara mandiri.

“Kami juga mengusulkan kepada pemerintah provinsi agar bisa mengalokasikan anggaran untuk membuat makam bagi para pahlawan khususnya veteran. Karena sampai saat ini DKI Jakarta belum memiliki makam bagi mereka (pahlawan,red), yang ada saat ini adalah makam pahlawan nasional jadi dikelola oleh pusat bukan pemprov,” ungkapnya.

Dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh Sekjen DPP PPM Karyadi Abdillah dan seluruh pengurus serta jajaran PD PPM maupun PC PPM yang ada di 5 wilayah DKI Jakarta.