SEMUA  

Peringati Hari Pahlawan, PPM Bekerjasama Dengan PMI Jakut Gelar Donor Darah

Berfoto bersama antara PPM, PMI dan Kodim Jakarta Utara usai kegiatan donor darah.

Jakarta, NUSANTARAPOS.CO.ID – Sebagai anak cucu pejuang kemerdekaan (veteran) Pemuda Panca Marga (PPM) Jakarta Utara mempunyai cara untuk memperingati hari pahlawan yang jatuh setiap tanggal 10 November. Dalam rangka peringatan hari pahlawan tahun ini, PPM Jakarta Utara bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Jakarta Utara menggelar kegiatan donor darah di kantor PMI Jakarta Utara, Sabtu (14/11/2020).

Ketua Mada PPM DKI Jakarta M. Taufik mengatakan sebagai keturunan para veteran kami akan terus mengabdi kepada ibu pertiwi, khususnya dalam rangka memperingati hari pahlawan ini kami akan membuat kegiatan-kegiatan yang positif diantara kegiatan itu adalah donor darah.

“Kami menginisiasi kegiatan donor darah ini bukan hanya di Jakarta Utara, tetapi seluruh wilayah yang ada DKI Jakarta agar bisa memberikan contoh yang baik kepada masyarakat,” katanya di markas PMI Jakarta Utara, Sabtu (13/11).

Lanjut Taufik, selain kegiatan donor darah ini kami juga melakukan kegiatan bakti sosial lainnya seperti penyemprotan disinfektan, pembagian masker gratis dan sembako kepada masyarakat yang mengalami dampak akibat pandemi COVID-19.

Ketua Mada PPM DKI Jakarta M. Taufik (kanan), Ketua PMI Jakarta Utara Sabri Saiman (tengah) dan Kepala Pasiter Kodim 0502 JU Mayor TNI Ali Solihin (kiri) saat sedang diwawancarai awak media.

“Senin (16/11) depan kami juga akan melakukan kegiatan ziarah di Taman Makam Pahlawan Kalibata yang akan dihadiri oleh beberapa tokoh seperti Haji Lulung dan sebagainya. Dengan berziarah ke makam para pahlawan diharapakan kami bisa lebih mengingat jasa dari para pahlawan terdahulu terhadap kemerdekaan Republik Indonesia ini,” tegasnya.

Sementara itu Ketua PMI Jakarta Utara Sabri Saiman mengungkapkan ini merupakan kegiatan momentum memperingati Hari Pahlawan. Dengan aksi sosial donor darah yang dilaksanakan oleh Pemuda Panca Marga Jakarta Utara, dibawah binaan Kodim 0502/Jakarta Utara.

“Sinergitas ini akan dilaksanakan secara rutin serta berkelanjutan. Kegiatan PMI mempunyai banyak peran dalam melaksanakan aksi kemanusian,” katanya.

Ia mengaku, pihaknya selalu standby untuk memberikan pelayanan untuk masyarakat.
“Untuk pelayanan kemanusian PMI sifatnya tidak terbatas. Dan siap 24 jam melayani masyarakat bila membutuhkan pertolongan” tambah Sabri.

“Dari 270 juta penduduk di Indonesia, hanya sekitar 4 persen yang menjadi kebutuhan nasional dan untuk ketersediaan stok kantong darah. Selain itu, Sabri menjamin bahwa donor darah ditengah pandemi Covid 19, tetap aman dilakukan sesuai protokol kesehatan,” ujarnya.

Ketua Mada PPM DKI Jakarta M. Taufik sedang mendonorkan darahnya di PMI Jakarta Utara.

Menurut Sabri dari 270 juta penduduk di Indonesia, ada sekitar 4 persen yang menjadi kebutuhan nasional dan untuk ketersediaan stok kantong darah. Kami menjamin bahwa donor darah di tengah pandemi Covid 19, tetap aman dilakukan karena sesuai protokol kesehatan.

“Selain itu, kepada pendonor pemula, donor darah sangat baik untuk menjaga kesehatan. Karena transfusi darah dapat mendeteksi dini jika ada penyakit dalam tubuh,” ucapnya.

Sabri juga menyampaikan apresiasi untuk Kodim 0502/Jakarta Utara dan Pemuda Panca Marga Jakarta Utara yang telah bersinergi melakukan aksi kemanusiaan sukarela dengan melakukan transfusi darah.

“Stok kantong darah yang terkumpul ini, didistribusikan untuk rumah sakit, pelayanan medis, masyarakat yang membutuhkan dan lainnya,” ungkap tokoh nasional tersebut.

Dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala Pasiter Kodim 0502 JU Mayor TNI Ali Solihin, Sekretaris Mada PPM DKI Jakarta dan seluruh jajaran PPM Jakarta Utara.