Satpol PP Kabupaten Pacitan, Amankan Situasi Jelang Natal dan Tahun Baru

oleh -

PACITAN, NUSANTARAPOS,- Koordinator satgas covid-19 dalam rangka mengakhiri tahun 2020, menggelar rapat koordinasi yang dipimpin langsung oleh Kapolres dan Dandim termasuk Bupati yang diwakili oleh asisten I. Yang memfokus pertama adalah pengamanan dalam rangka menjelang hari natal dan tahun baru 2021.

Menurut Kepala Satpol PP, Sugeng, dalam menegakkan disiplin covid-19 ini Pemda mengeluarkan surat edaran No: 188.45/500/408.64/2020 yang telah kami sampaikan kepada OPD, Kecamatan dan kecamatan menindak lanjuti ke desa, merekomendasi kususnya untuk mereka yang akan melaksanakan kegiatan pengumpulan masa wajib melaksanakan protokol kesehatan. “Dan kami dari satgas covid-19 mengawal dan selalu memberikan pemantauan atau pengawasan agar masyarakat yang kumpul itu tetap menjaga jarak menyediakan sarana cuci tangan pakai sabun,” kata Sugeng, Jum’at (19/12/2020), ”

Sedangkan untuk hiburan, jelas Sugeng, sesuai aturan yang ada harus mendapat izin dari Kepolisian. Sepanjang itu mendapatkan izin, SATPOL PP bersama dengan Polres dan Kodim siap untuk penegakan Protokol Kesehatan (PROKES). “Harapan kami masyarakat juga bisa berpartisipasi, sadar bahwa setiap kerumunan itu berpotensi tinggi penularan covid-19. Kami mohon juga kepada media ikut mensosialisasikan karena masyarakat mungkin saat ini jenuh, sehingga perlu kita disiplinkan kembali.

Setiap pagi pukul 08.00 walaupun situasi hujan, petugas gabungan bersama dengan Polres, Kodim, tetap melaksanakan patroli gabungan sampai pukul 24.30. hal itu dilakukan dalam rangka melaksanakan 3M yaitu wajib pakai masker, mencuci tangan pakai sabun di air mengalir, menghindari kerumunan masa. (Tim)