Rayakan HUT ke 112, PP INI Gelar Syukuran di Kantor Sekretariat Baru

oleh -
Ketua Umum PP-INI Yualita Widyadhari didampingi Bendum dan Sekum memotong tumpeng untuk diberikan kepada notaris senior dan anggota DKP Firdhonal.

Jakarta, NUSANTARAPOS.CO.ID – Pengurus Pusat Ikatan Notaris Indonesia (PP-INI) pada Rabu (1/7/2020) merayakan hari ulang tahun yang ke 112, perayaan tersebut digelar dengan cukup sederhana mengingat saat ini sedang ada pandemi covid-19. Tamu yang hadir pun dibatasi tak seperti pada perayaan HUT sebelumnya, dimana biasanya ratusan notaris maupun tamu undangan bisa ikut merayakan kebahagiaan tersebut.

Meskipun demikian perayaan HUT kali ini menjadi lebih spesial karena Pengurus Pusat Ikatan Notaris Indonesia (PP-INI) telah memiliki kantor sekretariat baru yang letaknya cukup strategis yakni di Jalan Minangkabau Timur/Padang Panjang Nomor 1, Jakarta Selatan.

Acara tersebut dihadiri seluruh jajaran PP-INI dan juga beberapa Pengwil INI seperti Sulsel, Banten dan Jabar serta Anggota DKP Firdhonal

Ketua Umum PP-INI Yualita Widyadhari
hari ini menjadi sangat luar biasa karena di tengah pandemi kita masih bisa merayakan ulang tahun ikatan notaris Indonesia yang ke 112 dan kami juga bersyukur karena hari ini bisa meresmikan sekretariat baru yang nantinya bisa digunakan untuk Pengurus Pusat ataupun Dewan Kehormatan secara bersama-sama.

“Tentunya di dalam momen yang bahagia ini kami memiliki banyak harapan, dimana masih banyak hal yang perlu kita lakukan untuk organisasi salah satunya adalah sekretariat tersebut. Karena insha Allah kita memiliki rencana untuk membangun sekretariat supaya betul-betul bisa berfungsi dan ada rasa memiliki dari semua anggota terhadap sekretariat baru ini,” katanya usai memperingati HUT INI ke 112 di sekretariat PP-INI, Jakarta Selatan, Rabu (1/7/2020).

Ketua Umum PP-INI Yualita Widyadhari memberikan sambutan di HUT INI ke 112.

Menurut Yualita, dengan adanya sekretariat PP-INI baru juga diharapkan sebagai sarana untuk bertemunya para notaris menambah ilmu, saya bangga sekali banyak diantara pengurus mempunyai ilmu yang luar biasa. Dengan perkembangan yang ada saat ini kita tidak boleh berhenti sampai di sini saja dalam menggali ilmu, maka inilah gunanya perkumpulan untuk menambah keilmuan dengan sering bertukar pikiran.

“Kita juga harus meningkatkan kemampuan anggota, baik yang ada di ibukota, provinsi maupun daerah-daerah jauh pun saat ini bisa dijangkau melalui teknologi yang ada. Jadi harapan kita sangat banyak sekali, dengan support dari teman-teman menjadikan spirit yang luar biasa bagi kami dan semoga ini bisa memberikan semangat terus untuk rekan-rekan semuanya,” ujarnya.

Lebih lanjut Yualita mengungkapkan untuk mendapatkan sekretariat yang baru ini kami sudah melakukan survei selama satu tahun, dibantu bendahara umum dan rekan-rekan yang lainnya sehingga di sinilah rejeki kita bisa membeli lokasi langsung dari pemiliknya. Meskipun ini bangunan kuno tetapi bangunannya masih sangat kokoh, luas tanahnya pun mencapai 650 m2.

“Terlebih letaknya sangat strategis, dimana tidak jauh dari sini ada stasiun Manggarai yang bisa terhubung langsung ke Bandara Soetta. Artinya dengan memiliki sekretariat di sini kita ingin meringankan langkah rekan-rekan yang ada di daerah agar bisa lebih menjangkau kantor sekretariat PP-INI,” pungkasnya.

Sementara itu Sekretaris Umum PP-INI Tri Firdaus Akbarsyah menyatakan kita bersyukur karena bisa mendapatkan tempat yang baru, dimana selama ini sekretariatnya ada di Roxy itu pun kepemilikannya bukan milik kita 100% karena disitu ada Perseroan Terbatas (PT) yang dimiliki oleh para pendahulu kita. Sehingga kita tidak ada kepemilikan, bahkan sampai sekarang para pemegang saham sudah almarhum sehingga kita agak susah untuk membuat legalitasnya.

Jajaran Pengurus Pusat Ikatan Notaris Indonesia berfoto bersama usai merayakan HUT INI ke 112.

“Syukur alhamdulilah dengan adanya rejeki dari Allah, bahwasanya kita mendapatkan tempat yang sangat strategis di daerah Menteng dengan luas sekitar 625 sampai 650 m2 yang rencananya akan kita manfaatkan untuk dibangun gedung. Maka dari itu kami meminta partisipasi dari para anggota notaris seluruh Indonesia, karena gedung ini nantinya adalah milik seluruh notaris Indonesia,” ucapnya.

Tri menambahkan dan pada hari ini di usia yang ke 112 tahun, dengan usia yang tidak muda lagi harusnya sudah memiliki gedung yang sekian lantai. Saat ini adalah momentum kebersamaan kita, menjaga harkat dan martabat. Dengan adanya tempat yang baru ini teman-teman tidak usah sungkan-sungkan lagi jika akan ada rapat di sekretariat bisa langsung ke sini.

“Dimana selama ini ketika sekretariatjya masih di Roxy parkirnya susah sehingga pernah beberapa kali kita akan rapat pun jadi terkendala karena hal tersebut. Jadi dengan adanya sekretariat baru ini tidak ada alasan lagi untuk mengatakan hal yang sama,” katanya.

Lanjut Tri, untuk urusan parkir kita sudah mendapatkan izin bisa parkirp di pinggir jalan yang ada di sekitar sini, bahkan ketika gedung ini jadi maka akan ada basemen. Hal tersebut sesuai dengan cita-cita Bu ketum, dimana target beliau tahun depan gedung PP-INI harus jadi.

“Ketika gedung ini jadi nanti kita jadikan tempat pelatihan-pelatihan, sehingga kita tidak perlu lagi sewa tempat di hotel ataupun gedung lainnya nanti cukup diadakan di sekretariat. Selain mempersingkat waktu, juga bisa menghemat biaya karena melakukan kegiatan bisa di sekretariat,” tegasnya.

Pada acara tersebut juga dilakukan pengumuman pemenang lomba video dari Pengurus Wilayah (Pengwil) INI, dari 20 Pengwil yang mengikuti lomba terdapat 6 pemenang yang diumumkan langsung oleh Ketua Umum PP-INI Yualita Widyadhari yang didampingi oleh Sekum PP-INI Tri Firdaus Akbarsyah, Bendum PP-INI Bernadette Wirastuti Puntaraksma dan Kabid. Kesra Maya Erika.

Adapun 6 Pengwil yang berhasil memenangkan lomba video tersebut adalah sebagai berikut juara pertama Pengwil DIY, juara kedua Pengwil Lampung, juara ketiga Pengwil Sulawesi Selatan, juara keempat Pengwil Kalimantan Tengah,  juara kelima Pengwil Banten dan juara ke-enam Pengwil Papua Barat.(HSY)