Kemenpora Gandeng Kemenperin untuk Memajukan Industri Produk Olahraga Dalam Negeri

oleh -

Jakarta, Nusantarapos – Kementerian Pemuda dan Olahraga bersama Kementerian Perindustrian melaksanakan nota kesepahaman tentang pengembangan sektor industri, khususnya produk olahraga dalam negeri.

Saat ini, Indonesia masih bertengger di peringkat ke-37 produsen olahraga terbesar dunia. “Kita harus mendongkrak peringkat Indonesia agar bisa ke-15 besar. Salah satu caranya, pengurus cabang olahraga harus memakai produk dalam negeri, ” ujar Menpora Zainudin Amali saat jumpa pers di Gedung Kemenpora, Jakarta, Jumat (4/9/2020).

“Kami utamakan untuk bisa menggunakan (alat-alat) yang diproduksi oleh anak bangsa sendiri, kalau sudah sangat terpaksa baru boleh mencari dari tempat lain, tapi itu tidak boleh lama-lama harus ada transfer teknologi atau berbagai hal lainnya,” paparnya.

Hadir dalam acara tersebut Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita. Ia meyakinkan bahwa kualitas produk olahraga dalam negeri tidak kalah dengan luar negeri.

“Produk-produk kita memiliki kualitas yang dapat dibanggakan, terbukti dengan cukup banyaknya produk alat olahraga kita yang diekspor,” terangnya.

Maka dari itu, ia sangat optimis bahwa industri alat olahraga akan terus mengalami kemajuan. “Kita semua harus merajut rasa optimisme, bahwa produk alat olahraga dalam negeri dapat bersaing di kancah domestik maupun internasional. Sambil pula mengiringi peningkatan prestasi para atlet kita,” pungkasnya. (Arie)