Kurangi Resiko Tangani Covid -19 dengan Komunikasi Jarak Jauh

oleh -

Pacitan, Nusantarapos, – Pertumbuhan positif covid -19 di Kabupaten Pacitan melaju cepat. Ketua Asosiasi Jurnalis Online Indonesia (DPD -JOIN) Kab. Pacitan Mujahid mengingatkan Pemerintah Daerah agar memberi terobosan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Upaya tersebut yaitu mengurangi kontak langsung, penerapan protokoler kesehatan secara terpadu dimaksimalkan, termasuk penyelenggaraan jumpa pers bagi media yang selama ini dilakukan dirubah menjadi komunikasi via online.

Keberadaan Humas dan Kominfo dalam hal ini sangat berperan untuk bekerja secara profesional, apalagi didukung anggaran dan peralatan yang memadahi. Tinggal tupoksi yang dijalankan memyesuaikan ketentuan dan prosedur.

Adapun teknis penerapan secara online yang bisa dilakukan seperti pengumuman situasi covid-19, dari pihak Protokol Humas Pemda agar membuat videonya untuk diberikan kepada media disertai data-data tambahan yang akurat melalui online baik WhatsApp dan email. Sehingga untuk pengembangan berita diserahkan kemasing-masing awak media.

Dalam penyikapan covid-19 pola sebaiknya dibudayakan dengan mengedepankan komunikasi jarak jauh melalui seluler. Dengan cara itu lebih efektif dan tepat sasaran hingga sampai kepelosok daerah tanpa bersusah payah, begitu juga seterusnya sampai ke tingkat Kecamatan.

Namun, perlu diimbangi koordinasi lintas Kecamatan dan dijalankan sampai ketingkat RT karena sumber pertama untuk menyikapi informasi dan data adalah RT yang lebih dekat dengan warganya. Untuk mendukung kerja bareng Bupati harus instruksi kepada Kepala Kominfo Kab. Pacitan terkait informasi publik dan memastikan jangan sampai ada pemblokiran telepon genggam oleh para pemangku jabatan khususnya bagi media.