PEMILU  

Gerakan Wadyabala Jokowi Adakan Stimulasi Pemilu Disertai Pagelaran Musik

Ketua DPD Gerakan Wadyabala Jokowi (GWJ) se-Jabodetabek, Ade Indira Sugondo.

Jakarta, NUSANTARAPOS.CO.ID –Menjelang akhir waktu kampanye pemilu 2019, Gerakan Wadyabala Jokowi (GWJ) memberikan sosialisasi tata cara pencoblosan kepada masyarakat Jabodetabek di kawasan SCBD, Jakarta Selatan, Jumat (5/4/2019). Untuk meramaikan dan menarik perhatian warga GWJ pun menampilkan pagelaran musik dan hiburan yang diisi oleh musisi-musisi terkenal seperti Andi Rif, Reza The Grove, Candil, Tito Sumarsono, Anwar Fuadi dan beberapa artis lainnya.

Ketua DPD GWJ se Jabodetabek, Ade Indira Sugondo mengatakan tujuan dari diadakannya acara ini adalah dalam rangka menjelang pemilu 17 April. Kami mengadakan stimulasi tata cara pencoblosan surat suara, dimana pada pemilu kali ini lain daripada pemilu sebelumnya karena pemilu tahun ini digabung antara pemilihan presiden/wakil presiden (capres/cawapres) dengan pemilihan legislatif (legislatif).

“Jika dalam pemilu sebelumnya kita hanya mencoblos 2 atau 3 lembar kertas suara, tapi pada pemilu kali ini rakyat Indonesia mencoblos 5 kertas suara kecuali di DKI Jakarta yang hanya 4 kertas suara karena tidak memiliki DPRD di tingkat kabupaten/kota,” katanya disela kegiatan.

Lanjut Ade, dalam stimulasi ini kami coba memberikan pemahaman perbedaan warna kertas suara. Dimana warna abu-abu itu diperuntukkan untuk memilih Presiden dan Wakil Presiden, sementara untuk warna kuning untuk memilih DPR RI, warna merah untuk DPD RI, warna biru untuk DPRD Provinsi dan warna hijau untuk DPRD Kabupaten/Kota.

“Semoga dengan adanya stimulasi ini masyarakat khususnya yang ada di Jabodetabek memahami bagaimana tata cara mencoblos saat pemilu. Terlebih pada pemilu kali ini tidak ditampilkan gambar/foto di kertas suaranya, maka dari itu kenalilah siapa yang pantas mewakili kita untuk 5 tahun yang akan datang,” ujarnya.

Untuk lebih memeriahkan kegiatan tersebut, GWJ juga menggelar hiburan untuk masyarakat dengan dihadirkannya beberapa penyanyi atau artis seni peran yang sudah malang melintang berkecimpung di dunia hiburan tanah air.

“Dengan adanya hiburan ini kami ingin membangkitkan perasaan gembira untuk masyarakat menjelang hari pemilihan umum. Kenapa hiburan ini penting karena agar masyarakat tidak dicekam rasa ketakutan atau kekuatiran yang berlebihan pada saat hari pencoblosan nanti,” terangnya.

Ade Indira menjelaskan meskipun kami sebagai penyelenggara jelas adalah pendukung Jokowi, tapi yang kami ajak dalam kegiatan ini adalah masyarakat umum agar mereka dapat merasakan kegembiraan yang sama. Mau mereka pendukung 01 ataupun pendukung 02 kita ajak untuk sama-sama bergembira.

“Setelah pemilihan umum nanti kita juga harus ada dalam suasana kegembiraan, siapapun yang terpilih kita tetap lah bangsa Indonesia. kiharus tetap bersatu dan mempunyai tujuan untuk memajukan bangsa ini. Jadi apa yang kita kerjakan sekarang ini, merupakan sebuah dukungan agar pesta demokrasi berjalan dengan baik,” paparnya.

Bahkan, tambah Ade, saat kampanye hari terakhir nanti di Gelora Bung Karno (GBK) pada tanggal 13 April, kami yang memiliki anggota 1.400 orang akan mengerahkan seluruh anggota untuk meramaikan kegiatan itu sebelum memasuki masa tenang.

GWJ beralasan memberikan dukungan kepada Jokowi dikarenakan kinerjanya yang saat ini sudah cukup nyata dan dirasakan oleh seluruh rakyat Indonesia.”Alasan kami mendukung Jokowi adalah karena beliau sudah melakukan pekerjaan meskipun belum sempurna. Dan kesempurnaan itu kami harapkan bisa dicapai setelah beliau mendapatkan termin (periode) kedua ini,” katanya.

“Karena semua rencana-rencana yang dilakukan oleh Jokowi tidak mungkin bisa terwujud hanya dalam 1 periode. Toh setelah periode kedua dia tidak mungkin mencalonkan kembali, karena secara konstitusional dia tidak mungkin mencalonkan dirinya lagi. Hari ini kita punya kewajiban ataupun pekerjaan menggoalkan Jokowi untuk 2 periode” tutupnya.(Hari.S)