Komentar Bijak Tim Penjaringan Partai Golkar

oleh -

PACITAN,NUSANTARAPOS,.- Dewan Pimpinan Daerah ( DPD ) Partai Golkar Pacitan menyatakan mekanisme penjaringan Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Pacitan 2020 sesuai petunjuk Pelaksana ( Juklak ).

Wakil Ketua tim penjaringan Partai Golkar Moh. Saptono Nugroho mengatakan, Golkar saat ini sudah melakukan penjaringan.
untuk internal yang dilaksanakan mulai tanggal 8 sampai 10 Febuari kemarin.

” Dari Penjaringan itu memunculkan lima nama balon Bupati dan Wakil Bupati antara lain, Almira Adellia Damaryanti, Efendi Budi Wirawan, Gagarin, Lancur Susanto dan Prabowo. Mekanisme penjaringan sesuai dengan pedoman Partai yang sudah tertera dalam petunjuk pelaksana DPP,” ujarnya Senin ( 17/2/2020 ) di warung wetan ( Timur ) Pendopo Kabupaten Pacitan.

Perlu kami jelaskan kata Saptono, dari kelima nama kader tersebut akan dilakukan evaluasi dan penilaian, jika nama kelima kader tidak layak maka Partai Golkar akan melakukan penjaringan untuk external kader partai. Ketika kader dari partai Golkar sudah dianggap layak maka Partai Golkar tidak akan melakukan penjaringan lagi diluar kader Partai.

Salah satu kader Partai Golkar sudah ada yang mengambil formulir pendaftaran di Partai lain, Saptono memberikan komentar,” dia kan belum melakukan pendaftaran secara resmi kepada Partai tersebut, akan tetapi apabila ia ingin melakukan pendaftaran ke Partai tersebut maka ia harus bersikap tegas,” ucapnya.

Sambung Saptono, bila ia melakukan pendaftaran di Partai Golkar maka Kami akan melakukan evaluasi secara anggaran dasar dan anggaran rumah tangga ( AD ART). Dan apa bila justru sebaliknya, maka berdasarkan AD ART itu apakah ia nanti akan terkena sangsi pemecatan atau bagaimana, itu akan dilihat dari AD ART nya.

Ia pun menegaskan, jika maju melalui parpol diluar Partai Golkar, ia harus mengundurkan diri dari Partai yang berlambangkan Pohon Beringin ini. “Sedangkan bagaimana penilaian dari semua itu,? Jawab Saptono, kita serahkan kepada masyarakat untuk memberikan penilaian sendiri, apakah hal seperti itu baik atau tidak, itu bukan kewenangan mutlak dari kami,” katanya.

Tentu mereka akan menghormati apa yang dilakukan kader partai Golkar yang punya keingingan maju ke Parpol lain, itu bagian dari konstitusi mereka.

Pewarta : Agus Hermawan