Peringatan Harpidnas, Wabup Budi Bertindak Menjadi Irup

Lampung Utara – Wakil Bupati (Wabup) Lampung Utara (Lampura), H. Budi Utomo, SE, MM, bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup) dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Harpidnas) Tahun 2019, di halaman kantor Pemda setempat. Kamis (2/5/2019).

Nampak hadir dalam upacara tersebut, Sekretaris Daerah (Sekda) Lampura, Sofyan, SP, MM, Forkopimda, anggota DPRD Lampura, Staf Ahli, para Assisten, para Kepala OPD, para Kabag, para Camat dan seluruh Peserta Upacara.

Wabup Budi Utomo, dalam penyampaian amanah Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy, mengatakan, pesan penting Ki Hajar Dewantara terkait hubungan erat dan kebudayaan dalam menciptakan ekosistem pendidikan, yang syarat nilai dan pengalaman kebudayaan, sehingga mewujudkan sumberdaya manusia yang berkualitas, demi terwujudnya Indonesia yang berkemajuan.

“Dalam perspektif Kemendikbud pembangunan sumber daya manusia menekankan dua penguatan, yaitu pendidikan karakter dan penyiapan generasi terdidik yang terampil dan cakap dalam memasuki dunia kerja,” kata Mendikbud, melalui Wabup Lampura.

Masih menurut Dia, dalam pendidikan karakter, dimaksudkan untuk membentuk insan berakhlak mulia, sopan santun, tanggung jawab, serta budi pekerti yang luhur, sedangkan ikhtiar membekali keterampilan dan kecakapan disertai dengan penanaman jiwa kewirausahawan.

Pantauan media ini, dalam pelaksanaan Upacara Harpidnas 2019, juga dilaksanakan penyerahan penghargaan dari Wabup kepada pemenang Kegiatan Pembinaan Minat, Bakat dan Kreativitas Olimpiade Sains Nasional (OSN) Tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Dasar (SD) bagi para siswa se-Lampura. (RH)