Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) Perlu Sarana dalam Meningkatkan Pengajaran

oleh -

Guru Adalah Sebuah Tugas Mulia

PACITAN,NUSANTARAPOS,- Guru adalah sosok penting dalam perkembangan bangsa. Guru mempunya dua fungsi sebagai pendidik dan pengajar. Keduanya termasuk pemberian pengetahuan dan pendisiplinan murid.

Peluang guru salah satunya mengembangkan karya tulis, seperti kegiatan Bimbingan Teknis pengembangan leterasi penulisan buku dan karya tulis ilmiah yang diadakan di Pendopo Kabupaten Pacitan pada tanggal 13 Febuari 2020 kemarin.

Moderator penuliisan buku dari telaga ilmu Jakarta Wahyu Purnomo mengatakan, terkait adanya bimbingan teknis pengembangan literasi penulisan buku dan karya tulis ilmiah ( KTI ).

Ia menjelaskan, karena selain memang tuntutan untuk penyusunan pangkat dan jabatan serta kenaikan golongan, sebagian besar penulis pengulang Karya Tulis Ilmiah ( KTI ) belum menguasai cara – cara penulisan.

Oleh karena itu dalam ulang tahun Pacitan yang ke 275 ini Cabang Dinas Pendidikan Kabupaten Pacitan yang di hendel langsung dari Dinas Propinsi mengadakan kegiatan Bimtek dengan mengundang penerbit tingkat nasional.

” Harapanya Dinas Pendidikan melalui pendidikan wilayah di Kabupaten Pacitan itu ikut berpartisipasi didunia pendidikan yaitu dengan menyelenggarakan workshop dan bimtek KTI yang ditindak lanjuti dengan publikasi ilmiah berupa buku,” kata Wahyu.

Sementara itu, Kukuh menerangkan, untuk membuat Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) ini diperlukan sarana atau metode kreasi dalam meningkatkan pembelajaran.

Penambahan dari guru bahasa inggris SMKN Ngadirojo Kukuh Santoso mengatakan, kegiatan ini sangat berguna sekali bagi guru – guru di Kabupaten Pacitan dalam rangka untuk meningkatkan kemampuan dan kapabilitas mereka.