Bupati Canangkan BUMTren di Ponpes Darun Najah

Lumajang, Nusantarapos – Bupati Lumajang, Thoriqul Haq mencanangkan Badan Usaha Milik Pesantren (BUMTren) Pondok Pesantren Darun Najah Desa Petahunan, Sumbersuko, Senin (11/01/2021).

BUMTren merupakan salah satu program prioritas dalam 20 Janji Politik Bupati dan Wakil Bupati Lumajang sebagai upaya mendorong kemandirian perekonomian melalui pondok pesantren yang ada di Kabupaten Lumajang.

Dalam sambutannya, Bupati menyampaikan bahwa Ponpes Darun Najah bisa menjadi contoh pengelolaan BUMTren lain di Lumajang. Terlebih ponpes tersebut juga memiliki lembaga pendidikan SMK, yang diharapkan dapat meningkatkan daya saing harga maupun produk BUMTren.

Menuruut Cak Thoriq panggilan akrab Bupati Lumajang ini, Ponpes Darun Najah ini bisa menjadi contoh bagi BUMTren lain yang ingin mengembangkan BUMTrennya.

Masih menurut Bupati, “BUMTren Ponpes yang lain bisa mencontoh ini, dengan intervensi pemerintah, sehingga hasil produksi yang dijual di BUMTren itu nyambung,” ujar bupati.

Bupati berharap, nantinya ada one pesantren, one product atau satu pesantren satu produk, yaitu setiap Pesantren mempunyai badan usaha yang dimiliki dapat menghasilkan produk yang saling menguatkan satu sama lain.

“Ke depan BUMTren antar pondok pesantren itu saling kolaborasi, interkoneksi antara satu dengan yang lain agar ada produktivitas perekonomian yang tumbuh dari lingkungan pesantren,” pungkasnya. (naf)