Jelang Sekolah Tatap Muka, Disdikbud Lampura Lakukan Verifikasi dan Validasi

oleh -

Lampung Utara, Nusantara Pos – Jelang kegiatan sekolah tatap muka. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Lampung Utara (Lampura) Mat Soleh menugaskan seluruh Kepala Bidang didampingi Kasi, Pengawas Sekolah serta Penilik untuk melakukan verifikasi dan validasi kesiapan belajar.

Dimana instruksi ini dilakukan Kadisdikbud sejak 11 Januari kemarin guna melakukan verifikasi dan validasi kesiapan belajar di sekolah yang diusulkan oleh satuan pendidikan Lampura dalam memasuki semester genap tahun ajaran 2020/2021.

“Verifikasi ini dilakukan untuk melihat secara langsung kesiapan sekolah dalam melaksanakan pembelajaran tatap muka di masa pandemi covid-19. Baik dalam persiapan pembelajaran, persiapan warga satuan pendidikan dan kesiapan sarana dan prasarananya,” tutur Kadisdikbud Mata Soleh diruang kerjanya, Jumat (15/1/2020).

Sementara itu, dari beberapa lokasi yang telah dikunjungi oleh Kepala Bidang PAUD dan PNF Disdikbud Lampura, Yeni Sulistina bersama timnya, ternyata masih terdapat sejumlah sekolah yang belum memahami tentang standar operasional prosedur pembelajaran tatap muka di masa pandemi ini.

“Ya, terdapat sekolah yang belum membuat SOP dan belum mengisi daftar periksa kesiapan belajar yang ada di Dapodik sekolah. Kendala lain terkait ketersediaan sanitasi dan toilet bersih yang memadai,” kata Yeni.

Selain itu, wanita berhijab ini juga sudah melakukan peringatan terhadap sekolah terkait kebersihan dan keindahan sekolah yang telah dikunjunginya terutama di beberapa SD dan SMP.

“Sekolah sudah lama ditinggalkan siswa karena tidak belajar di sekolah, namun bukan berarti kebersihan dan keindahannya harus ditinggalkan juga. Disinilah pentingnya tugas managerial seorang kepala sekolah untuk memimpin dan membagi tugas para pendidik dan tenaga kependidikannya selama siswa belajar di rumah,” pungkasnya. (RH)