Sekolah di Probolinggo Bentengi Siswa dengan Seminar Aswaja

oleh -

Probolinggo, Nusantarapos – Melalui Osis Putra Madrasah Aliyah Zainul Hasan 1 Genggong, KH.Moh. Syakur Dewa menyampaikan materi pada acara seminar Aswaja di Aula Rusaifah MA Zainul Hasan 1 Genggong, Kecamatan Pajarakan, Kabupaten Probolinggo, pada Selasa (22/03/2021).

Seminar yang bertemakan “Membumikan Pemikiran ASWAJA di Era Globalisasi dalam menepis Ajaran Wahabi” diikuti oleh 100 Santri putra kelas X dan XI. Peserta digembleng secara intensif dari sisi teori, persepsi, pemahaman hingga dialog terkait Aswaja yang menjadi pegangan pesantren dan Nahdlatul Ulama (NU).

Ketua Osis putra Rangga Kurniawan mengatakan kegiatan seminar ini digelar sesuai amanah raker diawal menjabat. “Alhamdulillah, hari ini kita bisa melaksanakan kegiatan seminar Aswaja sesuai apa yang kita rencanakan di Raker,” katanya.

Selama seminar, para peserta mendapatkan pengetahuan dan pendalaman soal sejarah, ibadah dan hal lain yang menyangkut aqidah. Di antara materi yang akan disajikan adalah firqah dalam sejarah Islam, internalisasi Aswaja dan radikalisme Wahabi.

Selain itu, pemateri KH. Moh. Syakur Dewa sangat senang bisa mengisi di madrasah yang dipimpin oleh Nun Hassan Ahsan Malik, pasalnya suasana tanya jawab sangat hidup.

“Alhamdulillah, hari ini saya sangat senang, semua pertanyaan bikin menantang, mulai dari seputar Aqidah, bid’ah, tahlilan, hingga nasab Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam,” kata Gus dewa pengasuh Pondok Pesantren Darut Tauhid Patemon Krejengan Probolinggo.

Ustaz Agus Surrahman merasa senang atas terlaksananya kegiatan seminar Aswaja yang dilaksanakan oleh OSIS, dia berharap agar apa yang disampaikan oleh pemateri benar-benar dilaksanakan.

“Saya harap, semua santri MA Zainul Hasan 1 Genggong menjadi benteng dan penyebar ajaran aqidah ASWAJA seperti yang telah dicita-citakan oleh para pendiri Pesantren zainul Hasan Genggong,” pungkasnya. (ADL)