Hasil Survei HI Pilkada Wakatobi 2020, Akronim Pasangan HALO Unggul dari Rivalnya HATI

oleh -

WAKATOBI, NUSANTARAPOS,-Lembaga Survei The Haluoleo(HI)Institute mengeluarkan rilis hasil surveinya untuk Pilkada Wakatobi 2020 sejak dimulai tanggal 13 November hingga 16 November 2020 dengan jumlah responden sebanyak 880 orang yang tersebar diseluruh wilayah kabupaten Wakatobi.

Direktur Eksekutif Haluoleo Institut, Naslim Sarlito Alimin menunjukkan hasil rilisnya pada uji pasangan calon peserta Pilkada dengan nomor urut satu (1), yakni H Arhawi -H Hardin La Omo (HALO) unggul 51,9 persen, sedangkan rivalnya nomor urut dua (2) yaitu Haliana-Ilmiati Daud (HATI) hanya memperoleh suara diangka 42,7 persen. Sedangkan jumlah swing voters di angka 5,4 persen.

Kemudian, kepuasan masyarakat terhadap kinerja incumbent sebesar 45,9 persen,sangat puas 9,5 persen,kurang puas 32,5 persen,dan tidak puas 9,1 persen,TT/TJ 3,0 persen.

Dalam penanganan virus covid-19 masyarakat wakatobi menilai keberhasilan pemda wakatobi 72.0 persen,sehingga pemilih tetap akan memilih walaupun tidak diberikan uang sebesar 94,7 persen.

Untuk diketahui,selain Wakatobi juga Haluoleo Institut mengeluarkan hasil rilis surveinya untuk Pilkada Muna yang juga di menangkan oleh Petahana Pasangan LM Rusman Emba dan Bachrun Labunta dengan perolehan suara 62,7 persen dari rivalnya pasangan LM Rajiun Tumada-H La Pili sebesar 31,1 persen, Swing voters 6,2 persen. Setelah itu untuk Pilkada Konsel Petahana pasangan Surunuddin Dangga-Rasyid unggul diatas angin dengan persentase perolehan suara 61,1 persen ketimbang tiga rivalnya.

Penulis:Irianto