RILIS  

Jenius Resmi Hadir di Palembang

Palembang, Nusantarapos – Sebagai salah satu inovasi digital dari Bank BTPN, Jenius terus mendapatkan sambutan hangat dari masyarakat melek digital atau digital savvy di Indonesia. Kini, Jenius resmi hadir di Palembang sebagai solusi life finance yang simpel, cerdas, dan aman. Untuk mendapatkan layanan finansial yang semakin lengkap, masyarakat digital savvy Palembang dan sekitarnya dapat mengunduh aplikasi revolusioner ini di App Store atau Google Play Store, ataupun mengunjungi booth Jenius yang berada di Palembang Indah Mall lantai GF dan Palembang Icon lantai GF. Selain itu, untuk memudahkan masyarakat dalam mengaktifkan akun Jenius mereka sekarang dapat menggunakan layanan Video Call KYC.

Berdasarkan riset yang dilakukan oleh Nielsen, dalam lima tahun terakhir sebanyak 37% masyarakat Indonesia telah menggunakan smartphone, sementara itu penggunaan internet sehari-hari meningkat sebanyak 22%. Dalam hasil survei Jenius Financial Study bertajuk Indonesia Digital Savvy Behavior 2019, Jenius mengulas mengenai pengaruh digital terhadap perilaku konvensional masyarakat digital savvy di Indonesia. Studi tersebut dilakukan kepada 2.055 responden di 11 kota besar di Indonesia, salah satunya Palembang. Pada hasil riset tersebut, grup Gen Z (di bawah usia 24 tahun), Gen Y (25 – 38 tahun), Gen X (39 – 53 tahun), hingga Baby Boomers (54 – 68 tahun) mengakses beragam kategori aplikasi melalui smartphone, mulai dari hiburan, chatting, hingga finansial. Dalam studi yang sama, ditemukan bahwa rata-rata masyarakat digital savvy di Indonesia mengakses internet selama 4,7 jam. Sementara itu, digital savvy kota Palembang mengakses internet selama 4,6 jam per hari.

Irwan Sutjipto Tisnabudi, Head of Digital Banking Bank BTPN menjelaskan, “Hasil studi ini menunjukkan bahwa kehidupan masyarakat Indonesia semakin terintegrasi dengan internet yang didukung dengan akses melalui smartphone. Dapat dikatakan, akses internet masyarakat digital savvy Palembang setara dengan rata-rata masyarakat digital savvy nasional dalam mengakses internet. Internet dan smartphone telah mengubah cara masyarakat dalam melakukan aktivitas sehari-hari termasuk dalam aspek finansial. Terlebih lagi, dengan telah diselenggarakannya sederet acara berskala nasional maupun internasional di kota ini, turut mengembangkan potensi ekonomi di Palembang. Jenius hadir di Palembang untuk menyediakan layanan finansial yang lebih simpel, cerdas, dan aman.”

Jenius merupakan aplikasi revolusioner yang dilengkapi dengan kartu debit Visa untuk mengatur life finance melalui smartphone. “Jenius percaya bahwa disadari atau tidak, setiap keputusan dalam hidup memiliki konsekuensi terhadap aspek finansial. Oleh karena itu, kehadiran Jenius sebagai solusi life finance yang simpel, cerdas, dan aman bagi masyarakat digital savvy di Palembang melalui integrasi antara elemen gaya hidup dan finansial akan membantu mereka mengambil keputusan dengan lebih bijak,” tambah Irwan.

Lebih lanjut, Irwan menjelaskan fitur-fitur unik Jenius yang terus dikembangkan melalui semangat kokreasi bersama masyarakat digital savvy yang dibawa sejak awal. “Jenius lahir melalui proses kolaborasi dan kokreasi dengan para digital savvy. Semangat ini terus kami bawa dalam pengembangan fitur-fitur unik Jenius. Dengan memperkenalkan Jenius di Palembang, kami berharap dapat berkolaborasi dan berkokreasi bersama untuk layanan perbankan yang semakin lengkap dan relevan dengan kebutuhan para digital savvy di kota ini,” jelasnya.

Melalui fitur-fitur yang ada di Jenius, masyarakat digital savvy dapat mengatur finansial mereka seperti membuka tabungan, melakukan transaksi, dan mengelola rekening lebih simpel, cerdas, dan aman, kapan saja melalui smartphone. Salah satu inovasi terbaru dari Jenius yaitu Video Call KYC, merupakan cara mudah untuk melakukan aktivasi Jenius. Melalui layanan ini, calon pengguna Jenius dapat melakukan aktivasi di mana saja, tanpa perlu datang ke booth maupun kantor cabang Bank BTPN. Selain itu, fitur unik di Jenius antara lain Send It yang dapat digunakan untuk mengirimkan uang dan membayar tagihan telepon, kartu kredit, e-commerce, internet, televisi berlangganan, transportasi, dan isi pulsa melalui smartphone. Fitur $Cashtag memberikan pilihan bagi pengguna untuk mengingat dan memberikan informasi nomor rekening ke pihak lain dengan lebih simpel, karena diciptakan bukan dengan deretan angka melainkan nama.

Sebagai solusi pengelolaan finansial yang menyeluruh, Jenius menyediakan beberapa jenis tabungan dalam satu akun Jenius seperti Flexi Saver, Dream Saver, dan Maxi Saver. Flexi Saver merupakan tabungan fleksibel dengan bunga menarik yang bisa ditarik atau disetor kapan saja tanpa terikat periode waktu tertentu. Tabungan Dream Saver dapat digunakan untuk mewujudkan tujuan spesifik serta dapat secara otomatis ditarik dari saldo aktif baik harian, mingguan, atau bulanan. Sementara itu, Maxi Saver adalah deposito berjangka dari Jenius dengan bunga optimal. Dengan demikian, pengguna Jenius dapat membuat tabungan deposito tanpa perlu mengantre di kantor cabang, serta dapat menentukan periode simpanan secara fleksibel, yaitu mulai dari 1 hingga 12 bulan.

Selain itu, setiap pengguna Jenius berkesempatan mendapatkan hingga 5 (lima) kartu debit yang dilengkapi dengan jaringan Visa dan GPN yang berfungsi untuk melakukan alokasi finansial sesuai dengan kebutuhan. Kartu debit Jenius antara lain kartu debit utama (m-Card), kartu debit virtual (e-Card), dan kartu debit tambahan (x-Card) dapat digunakan di jaringan ATM Bersama/Prima. Untuk mendukung aktivias sehari-hari pengguna, terdapat fitur e-Wallet Center yang memudahkan pengguna untuk top-up Go-Pay, OVO, TCASH, dan M-Tix.

Untuk memenuhi kebutuhan digital savvy yang begitu dinamis, pada 24 Januari 2019 lalu Jenius memperkenalkan Jenius Keyboard yang memberikan kemudahan bertransaksi sambil berinteraksi di dunia maya. Dengan akses terbaru dari Jenius ini, digital savvy tidak perlu membuka Jenius di aplikasi atau website, melainkan dapat melakukannya langsung dari keyboard di smartphone. Melalui Jenius Keyboard, digital savvy dapat melihat saldo aktif, mengirim uang ke sesama rekening Jenius maupun rekening bank lain melalui fitur Send It, menagih uang melalui fitur Pay Me, dan memeriksa riwayat transaksi pada menu In & Out.

Ira Hairida, pengguna Jenius dan digital savvy Palembang, berbagi pengalamannya dalam menggunakan Jenius untuk mengelola finansialnya. Dirinya telah menggunakan Jenius lebih dari dua tahun untuk kebutuhan finansial sehari-hari hingga untuk travelling.

“Bagi saya, menggunakan Jenius itu seperti mengubah kebiasaan perbankan lama dengan yang baru, tentunya dengan cara yang lebih simpel dan menyenangkan. Fitur Dream Saver sangat membantu untuk disiplin menyisihkan sebagain dana agar impian lebih cepat terwujud. Selain itu fitur Cashtag memudahkan saya untuk bertransaksi, tanpa perlu repot memasukkan belasan digit nomor rekening. Selain itu, yang menarik adalah suku bunga yang maksimal serta tidak adanya biaya administrasi. Ketika traveling ke luar negeri, nilai tukar mata uang asing di Jenius lebih rendah dari money changer dan bank lain. Sekarang hanya dengan smartphone, saya bisa mengakses berbagai kebutuhan finansial saya melalui Jenius,” ujar pemilik akun Twitter @itikkecil ini. (*)