Sambut Hari Juang Kartika Kodim Magelang Hijaukan Lahan Kritis di Ketep

oleh -

Nusantarapos, -Berlokasi di Dusun Puluhan Desa Ketep Kecamatan Sawangan Kabupaten Magelang telah berlangsung Optimalisasi Lahan Kritis Dan Pencanangan Rintisan Desa Wisata Berbasis Lingkungan Serta Lepas Kasdam IV/Diponegoro Brigjend TNI Maruli Simanjuntak oleh oleh Kodim 0705/Magelang dan Masyarakat Desa Ketep, Sawangan, Kamis (13/12).

Turut Hadir dalam kegiatan tersebut, Kasdam IV/Diponegoro, Bigjend TNI Maruli Simanjuntak, Danrem 072/Pmk Brigjend TNI Muhammad Zamroni, Danrindam IV/Dip Kol Inf Amrin Ibrahim, Dandim 0705/Mgl Letkol Arm Kukuh Dwi Antono, SIP dan juga forkopimda dan forkopimcam Kabupaten Magelang.

Penanaman bermacam-macam jenis tanaman buah seperti Pohon Alpukat, Kopi robusta, Pohon Jeruk nipis, Pohon Jeruk Kepruk Siam, Pohon Jambu Kristal dan juga ratusan pohon buah yang lain di desa tersebut bertujuan disamping sebagai penghijauan juga sebagai langkah awal dalam mewujudkan desa wisata Berbasis lingkungan yang mana nantinya dapat memberikan manfaat dapat memberikan manfaat pada desa tersebut.

Dalam sambutannya Kades Ketep Arifin (53) menyampaikan ucapan terimakasih kepada keluarga besar TNI yang telah melaksanakan kegiatan penghijauan di desanya, dimana dengan adanya penghijauan tersebut nantinya dapat menyelamatkan mata air yang bisa dimanfaatkan untuk 16 desa baik di Kecamatan Sawangan maupun desa di Kecamatan Dukun.

“Kami mohon dukungan untuk mensukseskan Desa Ketep bisa menjadi desa wisata yang berbasis lingkungan yang menjadi penyangga desa wisata Ketep Pass yang mana pada tahun ini retrebusi yang digunakan untuk pembangunan infra struktur sekitar 300 Jt yang masuk ke desa ketep, yang semuanya untuk kemajuan dan kemakmuran Desa Ketep” paparnya.

Sementara itu Bupati Magelang yang memeberikan sambutannya melalui Asisten 3 Adm Umum pemerintahan, Drs Endra Emdah Wacana, karena berhalangan hadir menyampaikan rasa syukurnya kehadirat Allah SWT yang telah memberikan Hidayah dan inayahnya, sehingga kita dapat berkumpul ditempat ini pada acara optimalisasi lahan kritis dan pencanangan rintisan desa wisata berbasis lingkungan, dalam keadaan sehat wal afiat dan juga memohon maaf tidak bisa hadir karena ada kegiatan khusus.

“Ini ada suatu kesempatan yang sangat langka dan sangat bersejarah, karena desa ini dihadiri oleh 2 petinggi TNI Kasdam IV dan Danrem 072/Pamungkas, kita sangat bersyukur dan mengucapkan selamat datang dan terimakasih yang sebesar besarnya” kata Bupati dalam sambutannya.
Bupati juga menyampaikan terimakasih kepada beliau Kasdam IV/Diponegoro Brigjen TNI Maruli Simanjuntak telah memberikan perhatian kenyamanan khususnya kepada masyarakat Magelang.

“Selamat bertugas di tempat yang baru dan juga jabatan yang baru sebagai Komandan Paspampres” imbuhnya.
Diahir sambutannya Zaenal Arifin berpesan agar pohon yang nanti akan ditanam agar dipelihara dirawat oleh masyarakat sekitar, sehingga dapat bermanfaat untuk masyarakat Desa Ketep kususnya.

Brigjend TNI Maruli Simanjuntak yang saat itu juga memebrikan sambutanya menyampaikan rasa haru dan bangganya dengan kegiatan tersebut.

“Saya sungguh berterimakasih dimana masyarakat Desa Ketep sangat antusias dan luarbiasa, sungguh saya tidak menyangka, ini bukan hanya seperti melepas Kasdam kemarin” ungkap Kasdan penuh haru.

Kasdam juga menyampaikan bahwa saat ini banyak sekali kita dimintai bantuan bahkan telah MOW dengan instansi pemerintahan, yang berkembang pesat saat ini yaitu dibidang pertanian.

Mudah mudahan kegiatan ini dapat memotifasi para Dandim dalam memecahkan permasalahan ekonomi di wilayahnya, para babinsa dapat bicara dengan warga masyarakat binaannya sehingga bisa lebih bersinergi untuk bersama-sama membangun desa.

“Pembangunan seharusnya dimulai dari desa karena apabila desa bisa terbangun dan kuat maka negara juga akan kuat” pungkasnya.(pendimmgl)