Dandim Batang Hadiri Hari Ulang Tahun PDAM

oleh -

 

Nusantarapos,-Dandim 0736/Batang Letkol Kav Henry Rudi Judianto Napitupulu menghadiri perayaan Hari Ulang Tahun PDAM ke 26 bertempat di halaman Kantor PDAM Kabupaten Batang,Kamis (31/1/2019)

Direktur Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Batang, Yulianto menegaskan, di usia PDAM yang sudah menginjak ke 26 tahun, akan berupaya untuk meningkatkan pelayanan yang semakin prima kepada masyarakat dengan berencana menambah jumlah pelanggan sebanyak 3.000.Pernyataan itu disampaikannya usai merayakan Hari Ulang Tahun PDAM ke-26 dengan tema “Peningkatan Kinerja Secara Profesional Menuju Pelayanan Prima”.

Yulianto mengatakan, untuk mewujudkan pelayanan yang prima, maka sebagai pelaksana harus memiliki kesamaan pandangan yaitu peningkatan standar pelayanan dilihat dari sisi kualitas, kuantitas dan kontinuitas itu terpenuhi.

“Apabila ketiga hal itu sudah terpenuhi dan penambahan kapasitas air sudah bisa masuk ke Kota Batang, maka di tahun ini juga akan ditambah 3.000 pelanggan baru, tentu seizin Bupati Batang,” katanya.

Dia juga menyampaikan rasa optmisme tinggi terhadap target yang diharapkan Bupati Wihaji yaitu menambah deviden menjadi Rp5 miliar, dapat tercapai, dari deviden di tahun 2018 yaitu Rp4 miliar.Menurutnya, penambahan kapasitas air oleh PDAM, tentu harus menyesuaikan laju pertumbuhan penduduk di Kabupaten Batang. Melihat jumlah penduduk yang terus meningkat, ia berkeyakinan target penambahan 3.000 pelanggan baru, pasti dapat terpenuhi.

“Untuk cakupan pelayanan, secara otomatis akan mengalami peningkatan, tetapi jika tidak diimbangi dengan penambahan kapasitas air, akan menjadi sangat percuma karena mengakibatkan penurunan pendapatan,” terangnya.

Yulianto menambahkan, terkait launching aplikasi “BANYU” merupakan sebuah komitmen dari PDAM Batang kepada para pelanggan, untuk mempermudah dan mempercepat akses pelaporan setiap kali ada permasalahan.“Tujuan agar pelaporan dari masyarakat dapat dengan cepat masuk ke aplikasi “BANYU” dan segera ditindaklanjuti oleh para petugas terknis dari PDAM Batang,” ungkapnya.

Saat ini PDAM melayani 47.000 pelanggan di seluruh Kabupaten Batang dan setiap pelanggan menerima pasokan air dengan kecepatan kapasitas berkisar di atas 500 liter/detik.

Sementara itu, dalam sambutannya Bupati Batang Wihaji menyatakan, supaya di ulang tahunnya yang ke-26, PDAM melayani masyarakat dengan prima dengan mengedepankan profesionalisme kerja. Salah satu bentuk pelayanan yang makin prima adalah dengan telah dilaunchingnya aplikasi “BANYU”, bermanfaat untuk mempercepat pelayanan kepada masyarakat.

“Kalau terjadi kerusakan saluran air, pelanggan bisa langsung melaporkan kepada PDAM menggunakan aplikasi “BANYU” untuk segera ditindaklanjuti,” jelasnya.

Bupati Wihaji mengharapkan, agar PDAM mengutamakan pelayanan terlebih dahulu, setelah kualitas, kuantitas dan kontinuitasnya prima, silakan dilakukan penambahan 3.000 pelanggan baru selama kapasitasnya mencukupi.

Bupati juga mengatakan, agar PDAM Batang selalu mengevaluasi segala sesuatu terkait pelayanan, sehingga masyarakat sebagai pelanggan setia tetap terlayani secara memuaskan.

Acara Hari Ulang Tahun PDAM ke-26, dimeriahkan dengan pengundian hadiah berupa sepeda motor, lemari es, sepeda gunung dan berbagai hadiah hiburan menarik lainnya yang diberikan kepada para pelanggan, yang telah membayar rekening air antara tanggal 1-10 di bulan Oktober-Desember 2018.(Pen-0736)