Peringati Hari Peduli Sampah Nasional , Ratusan Orang Pungut Sampah

oleh -98 views

 

Nusantarapos, – Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN)  yang jatuh pada setiap tanggal 21 Februari sudah menjadi kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh pemerintah pusat dan pemerintah Daerah di seluruh Indonesia.

Kodim 0736/Batang dan Elemen Masyarakat menggelar Apel dan di lanjutkan Gerakan Pungut Sampah untuk memperingati Hari Peduli Sampah Nasional di lapangan sepak bola Desa Sedayu Kecamatan Bandar,Kabupaten Batang yang dipimpin oleh Kasdim Mayor Inf Raji , Kamis (21/02/19)

Nampak Hadir dalam Kegiatan, Mayor Inf Raji, Kasdim 0736/Batang mewakili Dandim.Pimpinan Ponpes Modern Tazzaka Ustad Anang, Danramil Bandar Kapten Cpm Joko, Kapolsek Bandar Iptu Imam Sudrajat Camat Bandar diwakili Sekcam Bapak Nazaruddin,Toga dan Tomas Kecamatan Bandar.

Dandim 0736/Batang Letkol Kav Henry Rudi Judianto Napitupulu lewat Kasdim Mayor Inf Raji mengatakan, kegiatan ini merupakan kegiatan kerja bakti bersama masyarakat untuk memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang diperingati pada hari ini. Tema yang diusung pada HPSN kali ini, “Kelola Sampah Untuk Hidup Bersih, Sehat Dan Bernilai.”

HPSN  sendiri dilatar belakangi tragedi longsor sampah di TPA Leuwigajah 2005.Semuanya akibat dari kondisi TPA yang kurang bagus dan menimbulkan korban jiwa kurang lebih 150 korban.Untuk mencegah kejadian serupa terulang ,maka pemerintah menetapkan hari kejadian tersebut untuk diperingati sebagai Hari Peduli Sampah Nasional,”jelasnya.

Sampah bisa menjadi musibah, tetapi juga bisa menjadi berkah, dengan mengingat tragedi ini mari kita bersama mensikapi jangan sampai ada bencana yang disebabkan oleh sampah, khususnya diwilayah Kabupaten Batang,”lanjut Kasdim.

Selain itu, menurutnya, “ini juga merupakan kegiatan TNI-Polri agar selalu dekat dengan masyarakat, sehingga tidak ada jarak antara Aparat dan masyarakat.

Mereka berasal dari TNI, Polri, Pemda, segenap elemen masyarakat juga dari kalangan Pelajar dengan penuh semangat  menuju kesasaran. Ada beberapa sasaran lokasi gerakan pungut sampah yaitu  Jalan raya Bandar, lokasi wisata Kolam Renang Bandar dan area Pasar Bandar ,”ujarnya.(Pen-0736).

Comment