Poskes Kodim 0736/Batang Melaksanakan Pengobatan Gratis dilokasi TMMD

oleh -32 views

Nusantarapos, – Puluhan warga Dukuh Ngelak Desa Jambangan Kecamatan Bawang merasa senang ada pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis di lokasi TMMD Sengkuyung Tahap 1 tahun 2019, Jumat (22/2/2019).

Seperti diakui, seorang nenek yang akrab dipanggil Nek Ijah (65) warga RT 02 RW 01 Dukuh Ngelak ini.  Dia merasa sangat senang bisa mendapatkan pelayanan pengobatan gratis. Nampak kerutan kulit di seluruh wajah dan tangan, perempuan tua yang sudah beruban ini bahagia.

Dengan suaranya yang polos, meski tak bisa berkata lancar dengan bahasa Indonesia dan hanya menggunakan bahasa Jawa.

“Menawi saget pengobatan gratis meniko saben dinten wonten. Dados, menawi badhe periksa mboten tebih.  (Kalau bisa pengobatan secara gratis ini dilaksanakan setiap hari di sini. Jadi tidak perlu harus pergi jauh,Red),” katanya.

Baginya, pemeriksaan dan pengobatan secara gratis itu sangat membantu sekali. Sebab, selain biaya obat yang dirasa cukup mahal. Untuk jarak tempuh ke puskesmas juga lumayan jauh.

“Kawulo menawi taksih sakit lan badhe periksa kedah medal tebih. Dereng malih kagem tumbas obat radi awis. (Saya jika sedang sakit untuk pergi periksa berobat cukup jauh, belum lagi harga obat cukup mahal,” tuturnya polos.

Sementara itu, Poskes Pratama 36 yang tergabung dalam Satgas TMMD Sengkuyung Tahap I tahun 2019 merupakan kerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Batang.

Sertu Tito anggota TNI Kodim 0736 Batang mengatakan selama kegiatan TMMD berlangsung pihaknya setiap hari datang ke lokasi bersama petugas Dinkes Batang.

“Tujuannya membantu warga yang ingin periksa dan berobat. Tak hanya melaksanakan pengecekan kesehatan pada Satgas TMMD saja, namun juga memberikan layanan  pengobatan secara gratis pada warga setempat,” kata Tito.

Danramil 04 Bawang, Kapten Inf Sumargiono menyarankan pada warga disekitar lokasi TMMD, apabila ada warga yang merasa sakit atau punya keluhan masalah kesehatan dipersilakan untuk datang menuju ke layanan Poskes.

“Poskes Kodim 0736/Batang setiap hari mendatangkan satu personel ke lokasi TMMD dibantu Dinkes Kab. Batang. Yang kita lakukan ini semua untuk membantu Satgas TMMD dan warga yang membutuhkan,” tandasnya.(Pen-0736)