TMMD Sebagai Sarana Pemersatu Bangsa

oleh -53 views

Nusantarapos,-Pelaksanaan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung tahap I tahun anggaran 2019 yang resmi dibuka Bupati Wihaji, Selasa (26/2) di Lapangan Desa Jambangan Bawang sangat meriah. 

Usai upacara pembukaan, tamu undangan dan ratusan peserta upacara dari berbagai unsur di suguhi beberapa hiburan tarian rakyat desa setempat. 

TMMD Sengkuyung Tahap 1 tahun 2019 itu tak hanya menyasar pada pembangunan fisik saja. Namun juga menyasar pada pembangunan non fisik. 

Diantaranya penyuluhan wawasan kebangsaan, penyuluhan kerukunan umat beragama dan paham radikalisme, perenting terhadap pendidikan anak usia dini, penyuluhan KB, penanggulangan bencana daerah, dan penyuluhan dampak penyalahgunaan narkoba.

Bupati Wihaji menuturkan TMMD merupakan pemersatu antara pemkab Batang, TNI, Polri, dan masyarakat dalam pembangunan. Tak hanya itu, adanya TMMD juga sebagai pemersatu untuk menangkal berbagai ancaman berita hoax, paham radikalisme, bahaya narkoba, dan lain sebagainya. 

“Hal ini merupakan perpaduan yang sungguh sangat luar biasa, pemersatu untuk bersama-sama menanggulangi ancaman-ancaman yang dapat merusak generasi muda penerus perjuangan bangsa dan NKRI,” tuturnya.

Dandim 0736/Batang Letkol Kav. Henry RJ Napitupulu menyampaikan sejarah telah mengajarkan bahwa semangat kebersamaan, kegotong-royongan serta persatuan dan kesatuan merupakan senjata ampuh bangsa Indonesia dalam menghadapi segala permasalahan dan tantangan. 

“Hal ini yang harus senantiasa kita rawat dan jaga bersama. Jangan sampai kapital sosial berharga ini luntur dan sirna tergerus oleh berbagai perbedaan yang ada,” katanya. 

Ia menambahkan melalui kegiatan ini untuk saling meningkatkan kebersamaan umat serta semangat gotong royong dalam kehidupan berbangsa dan bernegara guna mewujudkan ketahanan nasional sesuai dengan tema TMMD.

“Jika dikaitkan dengan kondisi kebangsaan saat ini, tentunya tema tersebut sangatlah tepat. Maka melalui TMMD ini, mari kita gelorakan lagi semangat kolektifitas serta persatuan dan kesatuan seluruh elemen masyarakat yang ada,” imbuhnya. 

Dirinya berharap TMMD bisa membantu pemerintah daerah dalam rangka memantapkan kemanunggalan TNI membangun desa bersama masyarakat. “Harapannya melalui TMMD dapat memantapkan kemanunggalan TNI dengan masyarakat,” pinta Letkol Kav. Henry RJ. Napitupulu.

Turut hadir serta dalam pembukaan TMMD itu antara lain Wabup Batang Suyono, Kapolres Batang yang diwakili Iptu Muharom (Kapolsek Bawang), kepala OPD Kab. Batang, Ketua dan Pengurus Persit Kartika Candra Kirana Koorcab XXIV Kodim 0736/Batang, Muspika, Toga, Tomas dan Kades se Kecamatan Bawang serta warga masyarakat.(Pen-0736).

Comment