Grup Astra Dukung Ekspor ke Pasar Global

Jakarta, Nusantarapos -Dalam rangka mendukung ekspor nonmigas dan mendorong pertumbuhan ekonomi nasional, Grup Astra berpartisipasi pada acara Pelepasan Ekspor dari Indonesia ke Pasar Global yang dipimpin oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo secara virtual dari Istana Negara pada hari ini Jumat (4/12).

Pelepasan ekspor secara bersamaan ini merupakan inisiatif bersama antara
Kementerian Perdagangan Republik Indonesia dan sektor usaha yang sekaligus merupakan langkah nyata untuk membantu ekspor nonmigas selama masa pandemi, meningkatkan ekspor UKM, menjaga loyal buyers, meningkatkan investasi serta menumbuhkan ekonomi nasional pada tahun depan.

Perusahaan-perusahaan Grup Astra yang berpartisipasi pada acara Pelepasan
Ekspor ini adalah PT Astra Otoparts Tbk (AOP), PT Astra Daihatsu Motor (ADM),
dan PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI). Pada kegiatan tersebut, AOP
mengekspor komponen otomotif untuk pasar suku cadang pengganti (replacement market) dan segmen pabrikan (original equipment manufacturer/OEM), ADM mengekspor kendaraan Gran Max, sedangkan IAMI mengekspor kendaraan komersialnya, yakni Isuzu Traga, yang peresmian ekspor perdananya ke Filipina telah dilaksanakan pada Desember tahun lalu.

“Salah satu kunci perbaikan perekonomian nasional adalah dengan meningkatkan
ekspor, karena dapat menambah devisa negara dan mengurangi defisit transaksi
berjalan negeri ini. Kita tidak boleh menyerah dan harus lebih jeli melihat peluang yang masih terbuka lebar. Masih banyak potensi ekspor yang sangat besar, baik dari sisi keragaman produk, volume dan kualitas. Kuncinya adalah proaktif dan jangan pasif,” ujar Presiden Joko Widodo dalam sambutannya.

“Semoga partisipasi Grup Astra pada kegiatan ekspor ini dapat mendukung program pemerintah, yakni ekspor nonmigas, sekaligus membantu mendorong pertumbuhan ekonomi nasional. Kami percaya kita semua dapat melalui kondisi pandemi ini jika kita saling mendukung,” ujar Presiden Direktur Astra Djony Bunarto Tjondro.

Turut hadir pada acara tersebut Menteri Perdagangan Republik Indonesia Agus
Suparmanto dan pejabat eselon I Kementerian Perdagangan, serta Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan di wilayah masing-masing.