Bangunan Candi Suci Ditemukan di Tonjong Brebes

Brebes – Bangunan candi peninggalan sejarah kembali ditemukan di Desa Galuh Timur, Kecamatan Tonjong, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, oleh tim arkeolog, TNI, perangkat desa dan masyarakat. Kamis (25/07/2019).

Dibenarkan Babinsa Galuh Timur dari Koramil 09 Tonjong Kodim 0713 Brebes, Sertu Ali Mahfur, bahwa bangunan candi ditemukan di lahan Perhutani Dukuh Kalipucung, Galuh Timur, oleh tim yang meliputi Profesor Gunardi dari Balai Arkeologi Yogyakarta beserta timnya, Sekretaris Desa (Sekdes) Muhajir, Babinsa serta dibantu belasan masyarakat setempat.

Sementara menurut Profesor Gunardi, penelitian secara dini memperkirakan bahwa bangunan candi dibangun sekitar tahun 500 Sebelum Masehi sampai dengan 500 Masehi.

“Bangunan candi ini digunakan sebagai bangunan suci atau tempat ibadah, dengan adanya sumur berdiameter 80 x 80 centimeter yang terbuat dari bata merah serta arca dharmapala,” terang profesor.

Selain itu juga ditemukan yoni (nama dari lumping yang terbuat dari batu) dan kelengkapan lainnya yang menandakan itu adalah sebuah bangunan candi.

“Pendataan candi ini akan dilanjutkan kembali esok hari sampai dengan penemuan data yang lebih detail lagi,” imbuhnya. (Utsm-Aan)