Baku Tembak Senjata Api antara Polisi dan Pelaku Begal Motor, Nazamuddin Tewas

oleh -41 views

Nusantarapos-Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) dari Nazamuddin (50) Pelaku begal motor tewas setelah baku tembak dengan polisi di Jalan Cor Beton Batukuning -Kurup Kelurahan Batukuning Kecamatan Baturaja Barat, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sabtu (12/5/2018).

Dalam baku tembak yang menegangkan itu, pelaku pun tewas tertembak setelah satu butir peluru menembus dada kirinya.

Polisi terpaksa melakukan tindakan tegas karena pelaku sangat membahayakan nyawa petugas. Penjahat yang paling dicari polisi ini menyerang petugas dengan senjata api rakitan jenis pistol, satu butir peluru yang ditembakan ke bagian dada Bripka Erwin Firdiansyah.

Untung saat kejadian Bripka Erwin memakai rompi anti peluru sehingga nyawa anggota saya selamat” terang Kapolres OKU AKBP Dra Ni Ketut Widayana Sulandari seraya menambahkan pelaku melepaskan tiga tembakan.

Peristiwa baku tembak tersebut terjadi sekitar pukul 09.30 Wib dan saat terjadi baku tembak, pelaku menggunakan dua sepeda motor.

Nazamuddin menggendari sepeda motor hasil kejahatan, sedangkan tersangka RB menggunakan sepeda motor milik pelaku. Polisi terlibat kontak senjata dengan tersangka Nazamuddin.

Melihat petugas sudah mengepung, tersangka Nazamuddin menodongkan senjata ke dada petugas. Melihat bahaya yang mengancam, polisi langsung bertindak tegas menembak pelaku sedangkan satu tersangka inisial RB berhasil meloloskan diri.

Pelaku yang tertembak, langsung dilarikan ke rumah sakit, namun nyawanya tidak tertolong, pelaku tewas dalam perjalanan menuju rumah sakit.

Kapolres Ogan Komering Ulu AKBP Dra Ni Ketut Widayana Sulandari didampingi Wakapolres Kompol Suryadi dan Kasat Reskrim AKP Alex Andrian SKom serta Kanit Pidum Ipda Charly STK menjelaskan, pelaku memang sudah masuk target polisi karena beberapa kejahatan yang sudah dilakukannya.

Antara lain melakukan perampokan uang milik KUD Mitra Ogan dan beberapa kasus kejahatan lainnya. Saat ini jenazah pelaku masih dititipkan di kamar jenazah RSUD dr Ibnu Soetowo Baturaja menunggu dijemput keluarganya.

Dikesempatan itu Kapolres menjelaskan, polisi sudah berkoordinasi dengan Kepala Desa Pilip Kecamatan Gunungmegang Kabupaten Muara Enim. Informasinya keluarga pelaku akan menjemput jenazah untuk dimakamkan.

Sementara itu barang bukti yang diamankan antara lain senjata api dan senjata tajam yang digunakan pelaku untuk melakukan kejahatan. Sepeda motor jenis Vega ZR BG 5318 FE milik korban, jaket pelaku, dan rompi anti peluru yang sudah berlubang dihajar peluru dari senpi pelaku serta 3 butir selongsong dan 3 butir peluru aktif milik pelaku.

Dikatakan Kapolres, terungkapnya kasus pencurian dengan kekerasan ini berawal dari laporan yang masuk melalui saluran 110 (saluran khusus polisi) dari korban atas nama M Hafiq Idris (38),yang diketahui warga Kelurahan Kemalaraja Baturaja Timur.

Korban mengaku dibegal dan motornya di bawa kabur di Desa Pusar Kecamatan Baturaja Barat sekitar pukul 08.15 Wib oleh dua pelaku dengn ciri-ciri satu diantaranya mengenakan jaket jins warna biru yang telah merampas sepeda motornya.

Pelaku diperkirakan melarikan diri kearah jalan tembus cor beton Batukuning-Kurup. Mendapat laporan itu anggota Buser Polres OKU dipimpin Kasat Reskrim Polres OKU, AKP Alex Andrian S.Kom. bersama Ipda Charly STK dan anggota Resmob langsung melakukan pengejaran.

Pelaku Nazamuddin yang mengendarai sepeda motor hasil rampasan berhasil tertangkap sedangkan satu tersangka lagi sekarang identitasnya sudah dikantongi pihak kepolisian dan masih dalam pengejaran.(S/E)

Comment