KPU Kabupaten Batang Gelar Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara Pemilu 2019

oleh -

Batang – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Batang menggelar rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara pemilu 2019 yang berlangsung di Aula Hotel Dewi Ratih, Kamis (2/5/19).

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Batang, Nur Tofan mengatakan rekapitulasi dari tingkat kecamatan sudah berhasil diselesaikan dengan lancar tanpa kendala apa pun.

“Rekap di tingkat kecamatan dari 15 kecamatan di Kabupaten Batang, dilaksanakan selama 3 – 4 hari. Kecuali Kecamatan Batang, memerlukan waktu hingga 9 hari,” kata Nur Tofan.

Menurutnya, tahapan berikutnya adalah melakukan Rekapitulasi di tingkat KPU  Kabupaten Batang dan hasilnya untuk dilaporkan ke KPU Jawa Tengah.

Nur Tofan juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada semua pihak, sehingga tahapan demi tahapan pelaksanaan Pemilu 2019, berjalan dengan aman dan lancar.

“Untuk Pemilu yang akan datang, kami berharap agar regulasinya disederhanakan. Hal itu mengingat, tugas yang dilaksanakan petugas di TPS cukup berat sehingga menimbulkan korban jiwa,” sebut Nur Tofan.

Ia menambahkan, di Kabupaten Batang, seorang petugas keamanan dari unsur Linmas meninggal dunia, saat menjalankan tugas. Sementara petugas di sejumlah TPS dan PPS tercatat 31 orang sakit, dan harus dirawat, karena kelelahan.

Dalam kegiatan tersebut, Kasub Bag Teknis dan Hupmas selaku Pantia Penyelenggara, Cipto Hartono menyebutkan, Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Perolehan Suara Pemilu 2019 dilaksanakan selama 2 hari, dari tanggal 2 hingga 3 Mei 2019.

“Rapat pleno terbuka diikuti 260 peserta. Antara lain unsur Forkopimda, Bawaslu, Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Panwascam, PPK, Ketua Parpol peserta pemilu dan undangan lainnya,” kata Cipto Hartono.

Nampak hadir Kapolres Batang AKBP Edi S Sinulingga, Dandim 0736/Batang Letkol Kav. Henry RJ Napitupulu.
Untuk mengamankan kegiatan tersebut, puluhan personel Polres Batang dan Kodim 0736/Batang diterjunkan.