Polres Tanjab Barat Siapkan Relawan Penanganan dan Pemakaman Pasien Covid-19

oleh -

TANJABBARAT, NUSANTARAPOS,– Polres Tanjabbar mengadakan Pelatihan serta Simulasi Penanganan dan Pemakaman Pasien Covid-19 Polres Tanjabbar Bersama Tim Relawan Covid-19 serta Instansi Terkait. Pelaksanaan simulasi ini dilakukan di Lapangan Mapolres Tanjung Jabung Barat, Selasa(05/05).

Kegiatan ini diikuti oleh pihak Kepolisian, anggota Kodim 0419 Tanjab, anggota RSUD Daud Arif, PC PMII dan PC HMI Kabupaten Tanjabbar.

Dalam kesempatan ini, Kapolres Tanjabbar, AKBP Guntur Saputro menyebutkan bahwa simulasi ini dilakukan dengan melihat situasi perkembangan kondisi terkait update korban covid-19. Adapun kondisi di Kabupaten Tanjung Jabung Barat terus meningkat menjadi lima orang positif Covid 19.

“Maka sebagai wujud langkah kesiapsiagaan dibentuk Relawan Covid-19 dan dilaksanakan pelatihan serta simulasi penanganan dan pemakaman pasien Covid-19,” ujarnya

Lebih lanjut Kapolres menyampaikan bahwa materi dari simulasi ini melibatkan Komite PPI RSUD Daud Arif, Jubir RSUD Daud Arif Kuala Tungkal serta Promkes Dinas Kesehatan Kabupaten Tanjabbar. Seterusnya, menuturkan bahwa terkait dengan pelatihan dan simulasi yang dilakukan ini agar pihak Dinkes Tanjabbar dapat memberikan materi pelatihan lebih lanjut.

“Paparan tentang SOP Pemulasaraan dan pemakaman jenazah Covid-19 disampaikan langsung oleh Direktur RSUD Daud Arif. Kemudian tentang Pemakaian dan pelepasan APD oleh Komite PPI RSUD Daud Arif Kuala Tungkal,” terangnya.

“Kemudian paparan terkait himbauan tentang keamanan diri terhadap masyarakat pada saat di keramaian maupun pemakaman terhadap pasien Covid-19 oleh Promkes Dinkes Tanjabbar,” pungkasnya. (sofian)