Tiga Terobosan Inovasi Kreatif Bhanikamtibmas Desa Makmur

Pangkalan kerinci, Nusantarapos – Petugas Bhabinkamtibmas Desa Makmur, Bripka Wempi, anggota Polsek Pangkalan Kerinci memiliki mimpi dan program untuk meningkatkan kesejahteraan warga binaan serta meningkatkan taraf hidup masyarakat.

Hal ini disampaikan oleh Bripka Wempi, Selasa, (04/08/2020) di perladangan pemuda ketika mendampingi kelompok pemuda Tani tanggap Kamtibmas di Desa Makmur yang sedang melaksanakan panen ubi kayu. Yakni dengan cara menggerakkan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) untuk mengolah ubi kayu tersebut menjadi makanan. Para pemuda sebagai pekerja dan perkumpulan ibu – ibu perwiritan dan PKK tingkat RT sebagai pemasaran hasil panen ubi.

Saat ini, di lahan Kelompok Pemuda Tani Tanggap Kamtibmas Desa Makmur, sedang melaksanakan Panen Ubi kayu dengan menggerakan UKM untuk mengolah ubi kayau menjadi makanan. Pemuda sebagai pekerja serta perkumpulan ibu perwiritan dan PPK tingkat RT bertugas sebagai pemasaran hasil panen ubi. Hal itu membuat ekonomi kerakyatan serta ketahanan pangan masyarakat sudah terjaga dengan baik pada saat pandemi Covid-19 saat ini.

Ada tiga (3) program terobosan inovasi kreatif yang diprogramkan dalam desa binaan, yakni Pembinaan Pemuda dan Remaja dan Meningkatkan perekonomian masyarakat melalui giat pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan darat serta melalui kerajinan tangan. Serta Bhakti sosial di masyarakat.

“Alhamdulillah, kini Desa Makmur termasuk sebagai percontohan Program Jaga Kampung Ketahanan Pangan Masyrakat Pasca Covid 19 tahin 2020,” tutur Bripka Wempi. (ZH)