749 Personel Polda Metro Jaya Dikerahkan Untuk Amankan Lalu Lintas Libur Panjang

Jakarta, Nusantarapos – Polda Metro Jaya Menyiapkan Personel untuk mengamankan arus lalu lintas masyarakat di Libur panjang dan cuti bersama Maulid Nabi Muhammad SAW yang akan berlangsung pekan
“Untuk pengamanan yang libur panjang itu 749 personel,” kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes. Pol. Sambodo Purnomo Yogo, Sabtu (24/10/2020).

Dirlantas mengatakan 749 personel tersebut nantinya akan diisi oleh seluruh jajaran Ditlantas Polda Metro Jaya, serta Satlantas yang ada di Polres.

Terkait pengamanan libur panjang yang akan bertepatan dengan dimulainya Operasi Zebra 2020, Dirlantas mengaku pihaknya telah siap terhadap dua kegiatan tersebut. Beliau memastikan sebaran personel yang diturunkan akan siap mengawal, baik yang bertugas mengamankan arus lalu lintas libur panjang, serta pertugas yang bertugas menindak masyarakat yang melanggar aturan lalu lintas.

“Operasi Zebra kita nggak ada razia, kita sifatnya hunting di mana titik-titik yang menjadi kerawanan pelanggaran di situ yang kita laksanakan. Lalu titiknya berbeda (pengamanan libur panjang dan penindakan operasi zebra).

“Titik-titik yang sering lawan arus Itu yang kita laksanakan (penindakan) karena itu kan berbeda dengan jalur libur. Jadi tetap ada yang bertugas pengamanan sama operasi zebra,” tuturnya.

Selain menerjunkan 749 personel, 15 pos pengamanan nantinya juga akan didirikan oleh Ditlantas Polda Metro Jaya di pengamanan libur panjang. 15 pos tersebut dimulai dari 10 pos di jalur tol.

“Pertama yang di jalur tol itu ada 10 (pos pengamanan). Mulai dari Cikunir KM 9, rest area Cikarang Utama, rest area 33, rest area 39. Pokoknya semua rest area kita jaga,” sebut Dirlantas Polda Metro Jaya.

Selain 10 titik pos pengamanan di jalur tol, tiga pos pengamanan juga akan didirikan di jalan-jalan arteri. Tiga pos pengamanan tersebut akan berdiri di daerah Pangkalan Jati, daerah Bekasi Cyber Park, hingga Jalan Gandasuka.
“Terus yang dua lagi itu tetap Pos Semanggi dan Pos Cawang tetap kita isi (personel). Kalau nanti ada contra flow, ada one way kan pusatnya di situ,” pungkasnya. (Rilis)