Pentingnya Wawasan Kebangsaan bagi Ormas dan Masyarakat

oleh -

Slawi – Pasiter Kodim 0712/Tegal Kapten Inf Shokib Setiyadi mewakili Komandan Kodim sebagai Narasumber materi pentingnya Wawasan Kebangsaan bagi Anggota Organisasi Masyarakat (Ormas) se Kabupaten Tegal dalam rangka jalin Silaturahmi di Pendopo Pemerintah Daerah (Pemda)Tegal, Rabu (5/12)

“Kegiatan ini, Mengusung tema, Menjaga Keutuhan dan Persatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang diikuti Kurang lebih 76 orang. Wawasan kebangsaan terhadap ormas merupakan hal yang sangat penting pasalnya, ormas didirikan dan dibentuk oleh masyarakat secara sukarela berdasarkan kesamaan aspirasi, kehendak, kebutuhan, kepentingan dan tujuan untuk berpartisipasi dalam pembangunan demi tercapainya Tujuan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.,” ucapnya.

Ia menyebutkan, Materi wawasan kebangsaan ini, diharapkan dapat meningkatkan partisipasi ormas untuk ikut serta membangun bangsa ini serta menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Dari fungsi tersebut untuk memelihara dan melestarikan Norma Nilai dan Etika dalam kehidupan bermasyarakat, Berbangsa dan Bernegara.

“Hak dan Kewajiban Organisasi Kemasyarakatan ini, melakukan kerjasama dengan Pemerintah Daerah, swasta dalam rangka pengembangan dan keberlanjutan dalam berorganisasi.”terang Kapten Inf Shokib.

Bagi Ormas yang berada di Wilayah Kabupaten Tegal harus Selalu Menjaga Persatuan dan memelihara Nilai Agama, Budaya, Moral, Etika dan Norma yang lain Serta memberikan Manfaat untuk Masyarakat, karena kita tahu, bahwa setiap warga Negara harus mempunyai Rasa Cinta Tanah Air, Sadar dalam berkehidupan Berbangsa serta Bernegara Indonesia,meyakini Pancasila sebagai Falsafah dan Ideologi Negara, Rela berkorban untuk Bangsa dan Negara serta kemampuan awal Bela Negara bagi setiap Masyarakat.

“Wawasan Kebangsaan NKRI adalah Pedoman dan Pegangan Hidup sebagai Bangsa Indonesia dan wajib diaplikasikan dalam sikap dan tindakan sehari hari dan NKRI Harga Mati,” Pungkas Pasiter.(Pendim Tegal)