Anggota TNI Brebes dan Persit Diberikan Tameng Bintalidjuang

oleh -10 views

Nusantarapos,– Ratusan anggota TNI Kabupaten Brebes, ditambah PNS dan Persit, menerima pembinaan mental dan spiritual dari Bintal Korem 071 Wijayakusuma, di Aula Jenderal Sudirman, Kodim 0713 Brebes. Rabu (4/9/2019).

Kepala Staf Kodim, Mayor Infanteri Edwin Samma Baratiku, mewakili Dandim, membuka acara dengan memberikan sambutan sebelum diisi materi oleh Kepala Bintal Korem 071 Wijayakusuma, Kapten Infanteri Suparman.

Dijelaskan narasumber, bimbingan ideologi kejuangan diberikan untuk meningkatkan nasionalisme dan militansi prajurit dan PNS sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, Sapta Marga dan Sumpah Prajurit.

“Diharapkan para peserta dapat menyerap untuk kemudian diteruskan kembali dalam membina warga masyarakat di wilayah binaan Koramil masing-masing, baik secara door to door maupun lewat kegiatan kerohanian di tempat ibadah,” ucapnya.

Dijelaskannya mendetail, bimbingan mental kejuangan (militansi) adalah sifat pantang menyerah, rela berkorban, semangat juang dan etos kerja. Sedangkan bintal ideologi (nasionalisme) adalah soliditas, disiplin, kesetiaan kepada NKRI yang mengacu pada nilai-nilai yang terdapat dalam empat pilar kebangsaan (NKRI, Pancasila, UUD RI 1945 dan Bhineka Tunggal Ika) sebagai pedoman dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara.

“Bintalidjuang sebagai tameng setiap diri sebagai WNI dalam menyaring dan menangkal ideologi asing yang masuk dan bertentangan dengan Pancasila, termasuk di tengah masyarakat,” tandasnya.

Sementara Binroh (Bimbingan Rohani) diberikan guna meningkatkan keimanan dan ketakwaan dari prajurit dan keluarga besar Kodim kepada Tuhan Yang Maha Esa, sesuai agama dan kepercayaan masing-masing. Juga untuk mempertebal akhlak manusia agar memiliki pribadi yang bermoral/berbudi pekerti yang luhur, sehingga dapat terhindar dari sifat asusila baik di lingkungan TNI maupun masyarakat.

Acara juga dihadiri Kaminvetcad Brebes, Mayor Armed Subaedi M, anggota Subdenpom IV/1-4 Brebes, Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XXIII Dim 0713 Brebes. Puncak acara dilaksanakan sesi Tanya jawab. (Aan)

Comment