Jelang Pensiun Ratusan Prajurit TNI Mendapat Sosialisasi dari Bank BTPN dan PT ASABRI

oleh -

Nusantarapos,– Sebanyak 100 personel gabungan dari beberapa kodim di jajaran pantura yang hendak pensiun mendapatkan sosialisasi dari PT ASABRI dan Bank BTPN bertempat di Aula serbaguna Kodim 0710/Pekalongan jl. Sriwijaya No 1 Medono Kecamatan Pekalongan barat Kota Pekalongan, Kamis (12/9/2019).

Hadir pada kesempatan tersebut, Kapten Inf Sunarto (Pjs Kasdim 0710/Pekalongan) mewakili Dandim 0710/Pekalongan, Edi Susanto (Kepala BTPN Cabang Tegal), Zulkarnain Effendi, (Kepala ASABRI Cabang Semarang), Wicaksono H Sularso( Area Customer Experience Implementation, Jawa Tengah), Perwakilan anggota TNI menjelang pensiun dari Kodim 0710/Pekalongan, Kodim 0711/Pemalang, Kodim 0712/Tegal, Kodim 0713/Brebes, Kodim 0736/Batang dan Brigif-4 Dewa Ratna.

Membuka secara resmi kegiatan tersebut, Kapten Inf Sunarto dengan membacakan amanat dari Dandim 0710/Pekalongan Letkol Infanteri Arfan Johan Wihananto menyampaikan, Dalam menghadapi masa pensiun dibutuhkan kreatifitas dan inovasi para purnawirawan untuk menghadapi permasalahan yang akan timbul, oleh karena itu, kegiatan sosialisasi pembekalan ini diharapkan dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya sebagai motivasi bagi prajurit TNI-AD dalam menghadapi masa persiapan pensiun untuk menatap masa depan yang cerah.

“ Semoga masa pensiun nanti dapat dinikmati dengan penuh rasa kebahagiaan dan suka cita serta berbekal pengalaman dan kinerja selama ini, diharapkan segera dapat beradaptasi untuk kembali ke tengah – tengah masyarakat,”Harapnya.

Di Kesempatan yang sama, Wicaksono H Sularso( Area Customer Experience Implementation, Jawa Tengah mengatakan, pensiun adalah suatu kondisi dimana seseorang telah selesai dari pekerjaan yang biasa dilakukan, Kata,( Parnes dan.Essel,1987)

Lanjutnya, bahwa setelah pensiun juga harus bisa menerima beberapa Fakta dan kondisi yang antara lain, kehilangan rekan kerja, kehilangan status sosial, penurunan penghasilan, memiliki waktu dan kebebasan memilih, memiliki pengalaman hidup yang kaya serta memiliki network yang luas.

“ Ada 4 Alternatif kegiatan produktif, setelah pensiun yaitu, bekerja kembali, wirausaha, investor dan aktivitas sosial. Kesimpulan pensiun adalah, pencapaian terhebat yang produktif, mandiri dan sejahtera dalam hidup, memahami konsep diri, menjalani kehidupan sehat dan mengelola keuangan seimbang,”tandasnya.(rus/red)

Comment