Senyum dan Saling Menghargai Jadi Sikap Dasar TNI

oleh -

NUSANTARAPOS, PACITAN,- Kegiatan Kesiapan Pembinaan Aparat Kewilayahan dan Kemampuan Teritorial TW I Tahun 2020 di aula Makodam 0801 Pacitan jalan Letjend Suorapto 42 Pacitan Kamis (13/2/2020).

Komandan Komando Distrik Militer 0801 ( KODIM) Pacitan Letkol Inf. Nuri Wahyudi mengatakan, sikap teretorial wajib dikuasai aparat kewilayahan dengan senyum, tegur sapa serta saling menghargai membantu satu sama lain juga bergotong royong dan beradaptasi diwilayah.

” Sebagai aparat kewilayahan cepat tanggap lapor terhadap perkembangan situasi diwilayahnya masing – masing, dan paling utama membangun komunikasi kepada masyarakat sehingga kita bisa menampung informasi,” tegas Nuri dalam sabutannya.

Selanjutnya pemberian materi tiga metode Binter oleh Danramil 0801/08 Tulakan Kapten Inf.Joko Priyadi.

Priyadi menjelaskan, ada tiga metode Binter untuk meningkatkan hasil yang lebih optimal yakni metode Perlawanan Wilayah (Wanwil) serta Komunikasi Sosial (Komsos) dan Bakti TNI.

” Selain itu Aparat Kowil harus mampu dan mahir menerapkan dan mengaplikasikan metode Binter, mempunyai kemampuan Teritorial lainnya juga mengoperasionalkan Komputer dan Internet serta menguasai bahasa daerah setempat dan mahir dalam pertolongan pertama di lapangan,” jelas Priyadi.

Pesan Priyadi, dengan komunikasi yang baik maka kita akan mudah untuk meminta bantuan kepada masyarakat tentunya kita akan mendapatkan kemudahan menjalin hubungan.

“Perlu menjadi catatan TNI-POLRI adalah komponen utama dalam pertahanan Negara.
Ancaman yang melawan ketahanan Negara adalah kurangnya pemahaman bela negara dan kita wajib memberikan wawasan ke masyarakat agar bisa memahami betapa pentingnya pertahanan tersebut, ” ucap Priyadi.

Selanjutnya pemberian materi lima kemampuan Teritorial yang diisi oleh Danramil 0801/09 Sudimoro Kapten Chb Joko Prasetyo.

Prasetyo menjelaskan, ada Lima kemampuan teritorial terdiri dari
Temu cepat dan lapor cepat.
Manajemen teritorial. Penguasaan wilayah.
Perlawanan rakyat.
Komunikasi sosial.

Lanjut Prasetyo, “Sifat – sifat teretorial terdiri dari kesederhanaan dan mampu berkomunikasi dengan baik kepada masyarakat,” katanya.

Disambung kembali pemberian materi sikap teritorial oleh Danramil 0802/02 Kebonagung Letda Arh Ismani antaralain,
” keharusan yang dilaksanakan adalah ibadah sesuai dengan agama masing – masing dan menjahui segala larangan yang dapat merugikan kita sendiri,” kata Ismani di sesi terakhir.