TMMD  

Program TMMD Konawe akan Buntingkan Ratusan Ekor Sapi

Konawe – Kodim 1417 Kendari, Sulawesi Tenggara, melalui program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-104 di Kabupaten Konawe 2019 memprogramkan inseminasi 240 ekor ternak sapi milik warga secara sukarela.

Komandan Distrik Militer 1417 Kendari Letkol CPn Lutvi Haris Wijaya di Kendari, Sabtu, mengatakan bakti sosial inseminasi sapi untuk mendorong produktivitas ternak sapi. “Inseminasi sapi adalah terobosan baru serangkaian pelaksanaan TMMD. Sangat mungkin inseminasi menjadi proyek percontohan pada pelaksanaan TMMD tahun mendatang,” kata Dandim Haris Wijaya.

Inseminasi 240 ekor sapi masing-masing direalisasikan di Desa Wawoperesa sebanyak 50 ekor, Desa Wawonario 40 ekor, Desa Lawuka 50 ekor, Desa Nario Indah 50 ekor dan Desa Karandu sebanyak 50 ekor.

TMMD 104 Konawe yang dilaksanakan di lima desa diperkuat 140 personel TNI. Sebanyak 10 personel di antaranya juga melaksanakan bakti sosial penyuluhan wawasan kebangsaan dan bela negara yang diikuti ibu rumah tangga, pemuda, mahasiswa dan petani.

Kemudian penyuluhan pencegahan narkoba dan HIV berbagai kalangan masyarakat tidak luput dari agenda TMMD yang mendapat dukungan dari Pemerintah Kabupaten Konawe.

Selain kegiatan non-fisik, TMMD 104 Konawe juga memprogramkan pembangunan jalan usaha tani, rehabilitasi rumah ibadah dan inseminasi ternak sapi. Personel TNI Angkatan Darat melaksanakan penyuluhan bagi petani tentang penggunaan pupuk organik untuk meningkatkan produksi hasil pertanian.