TMMD  

Peran TMMD Konawe Edukasi Masyarakat Tentang Pentingnya KB

Satuan Tugas (Satgas) Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-104 TA 2019 Kodim 1417/Kendari, menggelar pelayanan Keluarga Berencana (KB), bekerjasama dengan Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Konawe. Kamis, 14/3/2019.

Masyarakat terlihat antusias sekali, terlihat sejak pukul 09.00 wita, sudah berbondong-bondong mendatangi lokasi kegiatan pada Kantor Kecamatan Anggotoa, guna melakukan pemasangan alat kontrasepsi.

Daud Sirupa, SE. M.Si, Sekretaris Dinas Pengandalian dan Keluarga Berencana Kabupaten Konawe mengatakan bahwa, selain melakukan penyuluhan, pihaknya juga bersosialiasi lewat media, yakni melalui pemutaran film tentang KB.

“Pemutaran film ini untuk meyakinkan kepada calon akseptor yang ingin melakukan pemasangan alat KB sehingga ada ketertarikan. Setelah pemutaran film, hari ini kami melakukan pelayanan KB,” ucapnya.

Dikatakannya, ada dua jenis alat kontrasepsi yang disediakan di Kantor Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), yaitu kontrasepsi jangka panjang, seperti IUD, sebuah alat kontrasepsi berukuran kecil, sering berbentuk T, serta yang jangka pendek misalnya suntikan.

“Kontrasepsi jangka panjang meliputi implan atau IUD yang mengandung tembaga, serta levonorgestrel yang dimasukkan ke dalam rahim. Adapun jenis jangka pendek, meliputi suntikan, dengan menggunakan pil, serta menggunakan kondom,” jelasnya.