TMMD  

Puluhan Anak ikuti Sunatan Massal di TMMD 104 Konawe

Jerit kesakitan puluhan anak-anak yang mengikuti sunatan massal terdengar saat prosesi khitan mulai dilakukan para dokter.

Hal ini membuat orang tua terpaksa harus membujuk dengan berbagai cara agar anak mereka tetap menjalani khitanan.

Pun demikian, para orang tua tetap antusias dan merasa senang karena kegiatan khitanan massal ini dilakukan secara gratis .

Kegiatan khitanan ini merupakan salah satu agenda Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) yang dilaksanakan di lapangan Kecamatan Anggotoa Kabupaten Konawe, Rabu (20/3/19).

Surapto, seorang warga yang anaknya mengikuti sunatan, mengungkapkan adanya kegiatan sunatan massal ini sangat membantu mereka, sebab dana yang dipersiapkan untuk putranya yang dikhitan dapat di gunakan untuk kebutuhan lainnya.

“Ini sangat membantu kami, karena gratis. Biaya yang kami persiapkan untuk kebutuhan khitanan bisa digunakan untuk kebutuhan yang mendesak lainnya, ” ungkapnya.

Wakil Kepala Detasement Kesehatan Korem 143 Haluoleo Kendari, Mayor Usman, mengungkapkan untuk menangani sunatan massal dalam kegiatan ini, dirinya menyediakan tim dan tenaga medis khusus dan hal ini dilakukan setiap kali ada kegiatan program TMMD.

“Tim detasement kesehatan selalu terlibat dalam kegiatan bakti sosial yang dilaksanakan saat TMMD, bukan hanya untuk tim sunatan namun sebelum adanya kegiatan pemeriksaan kesehatan kami sudah lakukan investigasi penyakit yang umumnya diderita warga di sekitar lokasi kegiatan TMMD, sehingga memudahkan kami menyediakan obat obatan medis,” ujarnya.

Kegiatan Khitanan Massal dan pelayanan kesehatan gratis dalam program TMMD ke-104 Kodim 1417/ Kendari, dilakukan bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Konawe.