Musibah Tahunan, Kekeringan Jatimulya Belum Ada Solusi

oleh -

Tegal – Adanya kekeringan yang dialami oleh warga Desa Jatimulya, Kecamatan Suradadai, Kabupaten Tegal. Musibah tahunan ini terus berulang dan terjadi. Hingga kini belum mada solusi yang paten.

Mengantisipasi ini, Babinsa  Kodim Tegal cepat tanggap dalam mengantisipasi kekeringan yang dialami oleh warga Desa Jatimulya, Kecamatan Suradadai, Kabupaten Tegal.

Untuk itu, warga rela antri hanya sekedar memperoleh air bersih yang diadakan oleh babinsa Kodim Tegal. Nampak Danramil Suradadi, Kapten Jamal sedang membagian air bersama jajaran Polres Tegal.

Wadah dari plasatik hingga membawa jurigen sekedar diisi air bersih dari mobil tangki. Untuk itu, warga rela antri hanya sekedar memperoleh air bersih yang diadakan oleh  Kodim Tegal. Nampak Danramil Suradadi, Kapten Jamal sedang membagian air bersama jajaran Polres Tegal.

Pembagian air bersih dikarenakan kebutuhan air sangat tinggi. Sedangkan keseterdiaan air bersih di desa tersebut sangat kurang. Diduga karena debit mata air berkurang. Kekeringan yang sudah terjadi hampir 2 bulan terakhir menjadi penyebabnya.

Musim kemarau di awal tahun 2019 ini, terjadi sangat mensusahkan. Selain air yang ada di irigasi cepat mengering, juga karena kebutuhan air untuk pertanian juga sangat tinggi. Dalam sehari, sedikitnya 30 liter dibutuhkan untuk setiap warga.

“kita bagikan ke masyarakat karena ketersediaan air di desa itu kurang sekali. Kebutuhansehari sekitar 30 liter per orang. Buat minum saja terkadang susah, apalagi lainnya, “ terang Jamal. (Pendim).