BUKA URAT NADI WARGA DUSUDARA, SATGAS TMMD 105 KODIM 1310/BITUNG BUAT AKSES JALAN SEPANJANG 4,4 KM

oleh -

BITUNG – Pembukaan akses jalan 4,4 kilometer menghubungkan tiga kelurahan di Kecamatan Ranowulu sedang dilakukan Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-105 Kodim 1310/Bitung, (3/7/2019).

Satgas TMMD Kodim 1310/Bitung, bersama warga Kelurahan Duasudara melakukan pembukaan akses jalan sepanjang 4,4 km dan lebar badan jalan sekitar 6 meter. Mereka berjibaku menyelesaikan jalan dan akan membuat plat duicker berdiameter 6x3x2.

Komandan Kodim 1310/Bitung, Letkol Inf Kusnandar Hidayat, S.Sos. mengatakan, pembukaan akses jalan ini hasil akselerasi bersama pemerintah kota Bitung. Karena selama ini, warga mengalami kesulitan mengangkut hasil bumi untuk meningkatan taraf hidup. Sebab, akses jalan yang jauh dari sulit untuk dilalui.

“Selama ini warga kesulitan mengeluarkan hasil bumi. Karena tidak ada akses jalan dan harus memutar ke kecamatan lain agar membawa hasil bumi untuk dipasarkan,” ujar Dandim.

Menurutnya, kesulitan warga inilah membuat Satgas TMMD ke-105 bergerak cepat membuka akses jalan baru untuk menjadi urat nadi ekonomi masyarakat sekitar. Jika dilihat di lapangan, akses jalan yang dibuka itu langsung menghubungkan perkebunan warga sekitar.

“Kita (Satgas TMMD) buka akses jalan tersebut untuk mempermudah warga mengangkut hasil bumi dan memangkas waktu tempuh dari dan ke perkebunan mereka,” ujar dia.