SELAIN JAGO PERANG, PRAJURIT TNI HARUS MAMPU LAKSANAKAN PEMBINAAN TERITORIAL

oleh -

BITUNG – Pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa memberi arti tersendiri bagi anggota Satgas yang bekerja di lokasi TMMD 105 Kelurahan Duasudara Kecamatan Ranowulu Kota Bitung.

Serda Lahidi yang ikut serta sebagai anggota Satgas TMMD 105 Kodim 1310/Bitung mengatakan, Saya baru pertama kali ikut TMMD, saya senang bisa mengenal masyarakat disini, tentang adat istiadat, perekonomian/kehidupan masyarakat.

“Masyarakat disini sangat senang membantu, seperti memasakan makanan, menyediakan tempat istirahat dan terpenting penduduknya sangat ramah,” ungkapnya, (2/7/2019).

Sementara Pasiter Kodim 1310/Bitung mengatakan, Tentara itu bukan berperang saja, sebagai prajurit disamping ahli perang juga harus mampu melaksanakan pembinaan teritorial (Binter) seperti melaksanakan komsos.

Dan mengingat sistem pertahanan kita sistem pertahanan semesta, yang melibatkan seluruh warga negara, wilayah dan sumber daya nasional lainnya, serta dipersiapkan secara dini oleh pemerintah dan diselenggarakan secara total, terpadu, terarah, berkesinambungan dan berkelanjutan.

“Untuk menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia dan melindungi keselamatan segenap bangsa dari setiap ancaman, itu merupakan tugas dan tanggung jawab sebagai prajurit TNI,” tegas Kapten Inf Sunaryo.