TMMD  

Pengerjaan Fisik TMMD di Kalikondang Diharapkan Bisa Lampaui Target

DEMAK – Jajaran Kodim 0716/Demak telah menggelar kegiatan pra Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) dengan desa sasaran Desa Kalikondang, Kecamatan Demak. Komandan Kodim 0716/Demak Letkol Inf Abi Kusnianto kepada Wartawan, Sabtu 06-07-2019 mengatakan, kegiatan tersebut merupakan awal dari rangkaian program TMMD tahun 2019 di Kabupaten Demak yang secara serentak dimulai pada tanggal 11 Juli 2019 mendatang.

Sasaran fisik yang akan dibangun selama kegiatan TMMD di Kalikondang tersebut yaitu pengecoran jalan, perbaikan rumah tidak layak huni, pembuatan talud , pembangunan pos kampling dan pembuatan sanitasi.

“Pimpinan menyampaikan agar dalam kegiatan TMMD harus ada kemanunggalan antara TNI dengan masyarakat. Kami akan melibatkan semua komponen masyarakat dalam kegiatan ini baik dari kalangan mahasiswa di Kota Demak, organisasi pemuda seperti FKPPI, KNPI, karang taruna maupun masyarakat setempat agar kita bergotong-royong membangun kampung/desa kita,” ujar Abi.

Selain sasaran fisik, juga akan digelar serangkaian kegiatan non fisik seperti penyuluhan kesehatan, ketahanan pangan dan gizi, penyuluhan pencegahan penyakit HIV-AIDS, penyuluhan tentang bahaya narkoba, penyuluhan peternakan dan lainnya.

Sehubungan dengan itu, Kodim 0716/Demak meminta dukungan kalangan Masyarakat setempat untuk berpartisipasi aktif. “Mungkin ada warga masyarakat terutama rekan-rekan pengusaha yang punya truk atau alat berat, bisa membantu meringankan biaya material seperti pasir, batu untuk keperluan penimbunan jalan. Kalau harga material bisa lebih murah tentu akan ada banyak objek lain yang bisa kita kerjakan.

Dandim Demak berharap kegiatan TMMD tahun ini di Kalikondang tersebut bisa dirasakan manfaat dan kegunaannya oleh masyarakat setempat. Mengenai lokasi Kalikondang dipilih untuk kegiatan TMMD tahun ini, pertimbangannya karena selain usulan dari desa, juga kondisi di desa itu perlu dibangun jalan yang bisa membuka akases desa.

“Kami sudah tinjau lokasinya, kondisi geografisnya sawah. Kami upayakan untuk mendatangkan material batu dari Demak karena lebih gampang dan lebih cepat untuk digunakan menimbun jalan,” jelas Letkol Abi Kusnianto. (Pendim 0716/Demak)