Akan Ada Pengerahan Personil dan Penyuluh dari Pemkab Demak di TMMD

oleh -

DEMAK – Sekda Kabupaten Demak dr Singgih Setyono M.Kes mengemuakakan, program TMMD perlu di lanjutkan karena sangat bermanfaat dalam membantu pemerintah untuk meningkatkan akselerasi kegiatan pembangunan di daerah pedesaan.
‘’Kalau boleh saya saran, hendaknya kegiatan yang akan direncanakan dan dilaksanakan dalam TMMD Kodim Demak selalu memperhatikan kebutuhan masyarakat setempat. Sehingga nantinya dapat tepat sasaran dan memberi manfaat. Model perencanaan kegiatan bersifat bottom up planning system bukan top down planning system ,” papar Singgih.

Dia menambahkan, nantinya akan ada rencana pengerahan personil serta Penyuluh dari Pemda Demak di TMMD Reguler ke-105 Kodim Demak. ‘’Seluruh SKPD akan kami kerahkan untuk membantu suksesnya kegiatan TMMD tahun 2019 melalui program dan kegiatan yang sudah di anggarkan oleh Pemkab Demak,” tambahnya.

Mengingat keterbatasan dukungan dan sarana prasarana penunjang program, lanjut Singgih, maka partisipasi masyarakat sangat diharapkan baik dalam bentuk penyediaan tenaga kerja dan pengadaan material, ”semoga TMMD di desa Kalikondang dapat berjalan lancar dan memberi manfaat bagi masyarakat setempat.”

Untuk mencapai sasaran dan tujuan TMMD, sebagai mana ditetapkan sasaran fisik dan non fisik, yakni pembangunan infrastruktur, sarana dan prasarana fasilitas umum lainnya yang menjadi kebutuhan masyarakat. Harpannya, dengan kegiatan tersebut semakin meningkatkan roda perekonomian daerah baik bagi antar desa maupun meminimalisir keterisoliran daerah terpencil.

Sedangkan sasaran non fisik diharapkan mampu mendorong inovasi kreatifitas masyarakat desa guna meningkatkan kualitas hidup membangun daerahnya sendiri menuju kehidupan sosial yang lebih maju, sejahtera dan mandiri. (Pendim 0716/Demak)