Moch. Nur Arifin Buka Kegiatan TMMD

oleh -

Nusantarapos,-Bupati apresiasi program TMMD di Desa Bendungan Suren Lor Kecamatan Bendungan Kabupaten Trenggalek.

Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) yang dilaksanakan di Desa Suren Lor Kecamatan Bendungan Kabupaten Trenggalek mendapat apresiasi baik dari Bupati.

Karena Desa tersebut merupakan desa yang jalannya sulit diakses, Gus Ipin sapaan akrab Moch. Nur Arifin selaku Bupati Trenggalek merasa kesulitan dengan adanya program pemerintah dalam perbaikan desa terpencil.

Dikatakan Arifin, kalau bukan ruas jalan kabupaten, pemerintah tidak bisa membangun suatu ruas jalan, tetapi dengan adanya TMMD ini pemkab Trenggalek akhirnya bisa melakukan hal tersebut dengan tata cara swakelola dari masyarakat maupun dari TNI.

“Karena adanya TMMD kegiatan ini bisa di replikasi setiap tahunnya, sehingga daerah terpencil yang selama ini tidak tersentuh APBD bisa kita TMMD kan,” ucapnya.

Adapun jumlah rumah yang harus di renovasi di desa Dompyong ada 8 Kartu Keluarga yang tidak layak huni. Ini nantinya yang akan menjadi target utama para peserta TMMD.

“Dilihat dari profil daerah desa ini dipilih TMMD karena kemiskinannya masih tinggi, sedangkan kemudian tingkat pendidikan masih dibawah rata-rata yang lain, kalau yang lain sudah SMA dan Perguruan tinggi, di Bendungan masih sangat kurang, PNS juga masih kurang”. Papar Arifin.

Di Kecamatan tersebut memang harus menjadi perhatian khusus bagi pemerintah karena semua yang serba terbatas. Baik dari segi akses jalan maupun SDM.

“Memang kita harun unlock potensi di bendungan. Beberapa di dilem willis pasca HPL, kemudian apakah ada investasi dalam melibatkan masyarakat sejauh mana , selain itu kita bangun infrastruktur, nanti ada bendungan rencananya akan punya daya tampung 17 juta m3 itu nantinya akan bisa jadi sarana pariwisata membuka lahan pertanian baru karena airnya memnjadi sumber baku baru juga. Karena warga disini juga mengakses air bersih juga kurang meskipun sumber-sumber air bersih masih kurang, itu semua dilakakukan guna mengangkat bagaimana bendungan ini bisa meroket masyarakatnya”. Tutup Arifin.(TATA)