TMMD  

STADION DUASUDARA KECAMATAN MATUARI JADI TEMPAT DIGELARNYA UPACARA PEMBUKAAN TMMD 105

BITUNG – Upacara pembukaan TMMD Ke-105 TA 2019 di wilayah Kodim 1310/Bitung, untuk membangun meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang ada di wilayah pelosok desa/ kelurahan.

TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-105 resmi dibuka pada Rabu (10/07-2019) di Lapangan Sepak bola Dua Sudara Kelurahan Manembo nembo Tengah, Kecamatan Matuari Kota Bitung, Provinsi Sulawesi Utara dan yang bertindak selaku inspektur upacara, Walikota Bitung Maximilliam J. Lomban, SE, M.Si dan Komandan Upacara oleh Danramil 1310-06/Airmadidi Mayor Inf Gusnawan M. Kawa.

Upacara pembukaan dihadiri Danrem 131/Santiago Brigjen TNI Joseph Robert Giri, S.I.P, M.Si, Dansatrol Lantamal VIII Kolonel Laut Djoko Prijatin, Wakajati Sulut, Stenly Bukara SH MH, Dandim 1310/Bitung Letkol Inf Kusnandar Hidayat, S.Sos, Dandim 1309/Manado Letkol Inf Elvino Yudha Kurniawan, Kapolres Bitung AKBP Stefanus Michael Tamuntuan, SIK, M.SI, Mewakili Ketua PN Manado Ibnu Basuki, Mewakili Kajari Bitung Budi Kristiarso SH MH, Para PJU Korem 131/Santiago, Para SKPD dan ASN Pemkot Bitung.

Dalam amanatnya, Walikota Bitung mengungkapkan, TMMD yang ke-105 menjadi upaya dalam membantu pemerintah daerah dalam segi pertahanan dalam meningkatkan percepatan pembangunan yang ada di daerah kota Bitung.

“TMMD ini menjadi upaya untuk melangsungkan kondisi masyarakat yang dinamis sehingga wilayahnya sangat tangguh dalam berbagai ancaman,” ucap Lomban.

TMMD juga, membantu pemerintah dalam hal meningkatkan aspirasi dan pembangunan yang bersifat fisik maupun non – fisik.

“Dari segi fisik, para prajurit akan membantu dalam pembangunan Infrastruktur daerah,” ungkapnya.

Sedangkan dalam segi non-fisik, para prajurit memberi penyuluhan kesehatan anti narkotika, hukum, wawasan kebangsaan dan bela negara, serta pertanian.

“Para prajurit yang tergabung di TMMD yang ke-105, akan ditempatkan di sekitar rumah warga sehingga mampu terjalin rasa kekeluargaan dan bisa berbaur sekaligus bisa mempererat hubungan tali silaturahmi dengan masyarakat yang ada di wilayah.

“Semoga dari TMMD ini, masyarakat lebih sejahtera dan mandiri,” tuturnya.

Seusainya, Walikota juga meninjau secara langsung kegiatan tersebut diantaranya, bazaar murah, penyerahan sembako,alat alat buku tulis bagi siswa sekolah dasar. dan juga bermacam macam aktraksi yang di pertunjukan oleh ibu-ibu Persit Chandra Kirana Kodim 1310/Bitung, dan hiburan seperti beberapa tarian tradisional kota Bitung lainnya.

Sementara Danrem 131/Santiago, Brigjen TNI Joseph Robert Giri SIP MSI mengatakan bahwa kegiatan ini adalah kemanunggalan TNI bersama rakyat, baik itu polisi dan masyarakat untuk menjaga persatuan dan kesatuan demi keutuhan NKRI agar bisa terciptanya tali persaudaraan antara TNI dengan rakyat.

“Kegiatan TMMD untuk membantu percepatan pembangunan daerah dan kegiatan seperti ini tentu sangat menantang akan tetapi dengan pendekatan yang dilakukan prajurit, maka akan lebih mendekatkan kepada masyarakat sehingga bisa bersenergi untuk membangun bersama TNI dan kegiatan TMMD digelar di wilayah Kota Bitung yang bertempat di lokasi lapangan Dua sudara wilayah Kodim 1310/Bitung,” tandasnya.