Dapat Sambutan Ramah Warga Kronjo, Anggota TNI Terkesan

oleh -

Tangerang – Kehangatan dan keramahan warga Desa Blukbuk, Kecamatan Kronjo, Kabupaten Tangerang memberi kesan mendalam bagi personel TNI yang diterjunkan dalam program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-105 Kronjo Kodim 0510/Tigaraksa di desa tersebut.

Prada Dwiki Setiawan (21), salah satu personel TMMD dari TNI AU Lanud Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur mengungkapkan kesannya saat diwawancarai awak media.

“Awal kedatangan, kami disambut oleh warga dengan sambutan yang baik. Bahkan saat upacara pembukaan pun turut bahagia karena dihadiri oleh pejabat tinggi TNI, ” ujarnya, Jumat (12/7/2019).

Ia mengatakan, selama dua hari berada di tengah-tengah masyarakat Desa Blukbuk, Kronjo, dirinya mendapatkan pengalaman berharga.

“Kami di desa ini, belajar untuk dapat saling beradaptasi dan mengenal kondisi lingkungan di masyarakat. Kami pun bekerja sesuai dengan prosedur yang berlaku dalam rangka menyejahterakan masyarakat,” tambahnya.

Kemudian, kata dia, dengan ditempatkan di posko yang menggunakan rumah warga setempat, juga menumbuhkan rasa kebersamaan yang mendalam, baik antar sesam personel TNI, maupun dengan warga setempat.

“Kami dapat merasakan apa yang masyarakat sehari-hari lakukan, melihat apa yang mereka lakukan dapat membuat hati kami tercengang dan haru,” ucapnya.

Ia mencontohkan, rasa harunya muncul saat pemilik rumah menyiapkan keperluan makan dan minum para personel TNI. Ketuluan sang empu rumah, membuatnya mengingat ketulusan ibunda di kampung halaman.

“Saya langsung ingat orang tua dan keluarga di kampung halaman. Ternyata, ketulusan yang saya dapat dari pemilik rumah pun, sama halnya dengan yang saya dapat dari keluarga saya. Saya seperti mendapatkan keluarga kedua,” tutup prajurit TNI asal Sragen, Jawa Tengah itu.

Dandim 0510/Tigaraksa Letkol Inf Parada Warta Nusantara Tampubolon mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung terealisasinya TMMD 105 Kronjo.

“Kami mengucapkan terima kasih atas sambutan luar biasa dari semua pihak, terutama kepada Pemprov Banten, Pemkab Tangerang, Polresta Tangerang, Camat Kronjo, Kepala Desa Blukbuk dan masyarakatnya yang ramah,” kata Parada.

Parada menambahkan, berbaurnya prajurit TNI dan warga setempat akan memberikan pengalaman bagi setiap personel yang diterjunkan. Mereka yang selama ini tinggal di asrama akan secara langsung merasakan kehidupan masyarakat desa.

“TMMD juga kami yakini menjadi penyegaran bagi setiap personel yang diterjunkan. Karena mereka berinteraksi langsung dengan masyarakat sehingga banyak belajar dan menimba pengetahuan dari lapangan,” tutupnya.

Comment